11 Gereja Tertua dan Terindah di Indonesia, Berikut Sejarah Berdirinya

11 Gereja Tertua dan Terindah di Indonesia, Berikut Sejarah Berdirinya

Berikut ini 11 Gereja tertua dan terindah di Indonesia, berikut sejarah pembangunannya-Ist-

Berbentuk bulat, gereja ini diperkuat dengan pilar-pilar raksasa yang megah, menjadikannya salah satu gereja terindah di Indonesia.

 

9. Sejarah Gereja Bogor – Bogor

Gereja yang pada masa pemerintahan kolonial bernama Buitenzorg dan berlokasi di Bogor ini merupakan gereja tertua dan bersejarah di Indonesia. Dikenal dengan nama Katedral Bogor, gereja ini dibangun pada tahun 1896, secara resmi bernama Katedral Perawan Maria.

Bangunan kokoh dan arsitektur indah menjadikannya gereja tertua dan terindah serta terbesar di kota Bogor.

 

10. Sejarah Gereja Merah – Kediri

Dari namanya saja Toppers pasti sudah bisa menebak seperti apa bangunan gereja yang satu ini. Mengikuti gaya arsitektur Gotik, gereja ini awalnya bernama GPIB Imannuel, didirikan pada tahun 1904 dengan warna putih gading sebelum dicat merah pada tahun 2005. Seketika gereja ini semakin dikenal karena warna merahnya dengan sebutan Gereja Merah.

Gereja di kota Kediri ini masih menyajikan Alkitab berbahasa Belanda yang ditulis pada tahun 1867.

 

11. Sejarah Gereja Kepanjen – Surabaya

Gereja tertua dan terindah selanjutnya terletak di Kota Pahlawan, Surabaya. Gereja yang didirikan pada tahun 1815 ini dikenal dengan nama Gereja Katolik Kelahiran Perawan Maria, namun juga dikenal dengan nama Gereja Kepanjen.

Dilihat dari luar, Gereja Kepanjen memiliki gaya arsitektur Gotik dan dinding bata merahnya juga sengaja diekspos. Yang membuat gereja ini semakin indah adalah adanya perbedaan dekorasi kaca patri di dalam gereja ini.

 

Itulah gereja-gereja bersejarah yang berbeda di Indonesia. Selain nilai sejarahnya, gereja-gereja tertua ini juga memiliki arsitektur yang unik sehingga menjadikannya sebagai destinasi wisata religi yang sangat menarik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: