Bengkulu Tengah Wujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Lebih Baik

Bengkulu Tengah Wujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Lebih Baik

Bengkulu Tengah Gelar Sosialisasi untuk Wujudkan Good Governance dengan SIPD-Agus-radarbengkulu

RADARBENGKULU - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Benteng menggelar sosialisasi Penginputan Usulan Desa dan Kelurahan pada Aplikasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) RI tahun 2025 di Riung Gunung Resto, Jumat 29 Desember 2023.

Kepala Bappeda Benteng Yuhanah menyampaikan bahwa SIPD merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam membangun daerah agar dapat lebih transparan dan akuntabilitas untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih baik (Good Governance). 

BACA JUGA:TNI-Pemkab Bengkulu Tengah Berkolaborasi Mewujudkan Akselerasi Pembangunan

 

"Acara ini merupakan suatu wujud dari upaya kita dalam meningkatkan kualitas dan kapasitas dalam meningkatkan perencanaan pembangunan Daerah dalam sistem informasi pemerintahan. Seperti yang kita ketahui bersama SIPD sangat penting dalam mendukung penyelenggaraan yang transparansi, akuntabilitas dan efektif," jelasnya. 

Sementara itu, Sekretaris Daerah  Bengkulu Tengah Rachmat Riyanto mengungkapkan bahwa sosialisasi ini sangat penting serta dapat menghimbau para Kades agar dapat berhati-hati dalam mengajukan usulan pembangunan dan harus tepat sasaran serta tujuan jelasnya agar jika terjadi ketidaksesuaian SIPD akan menolak dan tidak dapat di perbaiki lagi. 

BACA JUGA: Lantik Pengurus Badan Musyawarah Adat, Ini Pesan Penjabat Bupati Bengkulu Tengah

 

"Sistem ini di satu sisi dapat memudahkan kita dan di sisi lain kita tidak dapat mengantinya jika terjadi perubahan. Oleh sebab itu, dalam mengentry data harus berhati-hati. Saya berharap para komisional muda yang punya perencanaan ini nanti akan dapat menjadi kunci disetiap Kecamatan dapat menentry data pada SIPD,"  Ungkapnya. 

Rachmat Riyanto juga menambahkan bahwa Kabupaten Bengkulu Tengah kedepannya akan segera memiliki ibu kota yang berlokasi secara administrasi di  Karang Tinggi.

BACA JUGA:Alami Kemajuan, Perumda Tirta Raflesia Bengkulu Tengah Siap Bersaing Hingga Tingkat Nasional

 

Akan tetapi, lanjut dia, belum memiliki kelayakan, ia menyampaikan Pemerintah Kabupaten sudah memiliki konsep rancangan, mulai dari bundaran di depan kantor Bupati dengan lambang durian dihiasi ornamen lainnya sebagai simbol ibu kota Bengkulu Tengah nantinya. 

"Kemudian proyek jalan baru yang telah dibangun akan segera terlaksana untuk menghubungkan antar kecamatan di Bengkulu Tengah," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu