7 Peristiwa Penting Di Bulan Rajab Dalam Sejarah Islam. Yuk simak!

7 Peristiwa Penting Di Bulan Rajab Dalam Sejarah Islam. Yuk simak!

Ada 2 Amalan Khusus yang Tidak Bisa Dilakukan oleh Malaikat di Bulan Rajab, Mau Tahu? Simak Ulasannya Disini-Ist-

2. Turun  Syari'at Sholat 5 jam

Bersamaan dengan peristiwa Isra Mi'raj, Allah SWT memerintahkan Rasulullah SAW untuk sholat 5 jam untuk pertama kalinya. Awalnya jumlah shalat yang diwajibkan oleh Allah SWT adalah 50 rakaat, namun Nabi SAW meminta pertolongan kepada Allah SWT atas nasehat Nabi Musa AS.

Allah SWT kemudian mengabulkan permintaan Nabi SAW dan memintanya untuk menunaikan 5 shalat wajib yang berjumlah 17 rakaat, yaitu Fajar 2 rakaat, Zuhur 4 rakaat, Ashar 4 rakaat, Maghrib 3 rakaat dan Isya 4 rakaat.

 

3. Perubahan arah kiblat

Peristiwa perubahan arah kiblat dari Baitul Maqdis (Masjid Al Aqsa) ke Ka'bah di Makkah terjadi pada pertengahan bulan Rajab, setelah hijrahnya Nabi SAW ke Madinah. . Hikmah di balik perubahan arah kiblat merupakan ujian keimanan seorang muslim dalam beribadah kepada Allah SWT.

 

4. Kelahiran Ali bin Abi Thalib

Pada tanggal 13 Rajab, Ali bin Abi Thalib RA lahir di wilayah Hijaz Jazirah Arab. Beliau termasuk orang yang mengimani risalah Nabi SAW untuk anak-anak. Sayyidina Ali RA merupakan sepupu sekaligus menantu Nabi SAW melalui pernikahan dengan Fatimah Az-Zahra. Sayyidina Ali RA merupakan Khulafaur Rasyidin keempat menggantikan Khalifah Utsman bin Affan RA.

 

5. Hijrah  ke Abisinia

Salah satu peristiwa yang terjadi di bulan Rajab adalah hijrahnya umat Islam yang pertama ke Abisinia. Peristiwa ini terjadi pada tahun kelima nubuatan. Hegira diciptakan untuk menyelamatkan umat Islam dari pelecehan oleh orang-orang kafir Mekkah yang memusuhi mereka. Sebagaimana diketahui, pada saat awal khotbah Nabi di Mekkah, banyak orang kafir yang menolak dakwahnya. Mereka tidak hanya menolak tetapi juga menentang Nabi SAW dan orang-orang yang beriman kepadanya.

 

6. Perang Tabuk

Pada masa Perang Tabuk, umat Islam melakukan perjalanan jauh dari Madinah hingga Syam. Perang ini tidak berlangsung lama karena bangsa Romawi takut terhadap tentara Muslim yang berjumlah 30.000 orang. Dengan izin Allah SWT, Nabi SAW memenangkan perang Tabuk yang terjadi pada bulan Rajab 9 Hijriah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: