Ini Dia Alat Ukur yang Menentukan Mutu Pendidikan Berstandar Nasional

Ini Dia Alat Ukur yang Menentukan Mutu  Pendidikan Berstandar Nasional

Kabid SMP Dinas Dikbud Bengkulu Selatan, Lusi Wijaya,M.Pd-Fahmi-radarbengkulu

 

Nilai Rapor Literasi dan Numerasi Anak SMP Bengkulu Selatan Sudah Berwarna Kuning

RADARBENGKULU -  Dalam pelaksanaan Assessment Nasional Berbasis Komputer (ANBK), objek yang diassessment itu sampelnya yang diambil bukan hanya siswa  dari kelas VIII, tetapi juga seluruh guru. Bahkan seluruh pegawainya. Seperti Pegawai Tidak Tetap (PTT) dan Guru Tidak Tetap (GTT).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Bengkulu Selatan, Novianto,M.Si melalui Kabid SMP Lusi Wijaya,M.Pd mengatakan dari hasil pengisian assessment tersebut, muncullah rapor mutu pendidikan berisi data  berupa capaian numerasi dan literasi siswa, survei karakter, serta survei lingkungan belajar.

BACA JUGA: Meriahkan HUT Bengkulu Selatan, Dinas Kesehatan Gelar Jalan Santai dan Senam Germas Berhadiah Motor

 

"Yang artinya, tentang jawaban siswa  terkait lingkungan, serta jawaban guru yang nantinya akan kita ambil kesimpulan. Dari hasil kesimpulan itulah nanti akan kita munculkan rapor mutu pendidikan berbasis nasional. Selain itu kita juga akan bisa menilai mutu dan kualitas sekolah itu sendiri," papar Lusi Minggu, 25 Februari 2024.

Data yang ada pada rapor mutu bersumber dari Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan juga hasil pengisian (input) langsung oleh satuan pendidikan melalui aplikasi rapor mutu. Bahkan rapor pendidikan adalah pengganti atau penyempurnaan dari rapor mutu. Indikatornya disusun berdasarkan input, proses, dan output pendidikan yang ada didalam suatu sekolah.

BACA JUGA:Dalam Satu Bulan, Belasan Masyarakat Bengkulu Selatan Terkena Gigitan Hewan Penular Rabies

 

Dari hasil kesimpulan itu semua, lanjutnya, nantinya akan tergambar apa yang harus dilakukan dan apa yang harus diperbaiki dari mutu sekolah tersebut, sehingga menjadi sekolah yang terus berkualitas.

Khusus di Bengkulu Selatan, untuk anak SMP pada tahun 2021 yang keluar pada 2022 yang banyak berwarna  merah rapor mutunya, rapor literasi dan numerasi.

BACA JUGA:Tiga Orang Calon Jemaah Haji Bengkulu Selatan Belum Melakukan Pelunasan Biaya Perjalanan Haji

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu