Berpegang Teguh Pada Al-Quran

 Berpegang Teguh Pada Al-Quran

H. Henderi Kusmidi-Adam-radarbengkulu

Marilah kita jadikan Al-Quran sumber keberkahan di dalam rumah kita. Jangan jadikan rumah kita sepi tanpa alunan ayat suci Al-Quran.

Dalam hal ini Rasulullah SAW menegur kita di dalam haditsnya yang artinya : “Sesungguhnya Al-Quran ini adalah jamuan Allah, maka ambillah darinya semampu kalian. Sungguh, aku tak mengetahui sesuatu yg lebih kosong dari kebaikan selain rumah yang di dalamnya tak ada bacaan Al-Quran. Sungguh, hati yg di dalamnya tak ada bacaan Al-Quran adalah hancur seperti hancurnya rumah yang tak berpenghuni”. (H.R. Ad-Darimi).

 

Selanjutnya, kita kaji, tadabburi, hayati dan amalkan Al-Quran itu dalam kehidupan sehari-hari. Dan itulah bentuk pemuliaan kita terhadap Al-Quran. Sehingga Dzat yang menurunkan Al-Quran, yakni Allah Yang Maha Kuasa, pun akan berkenan memuliakan kita dengan Al-Quran. Kita didik pula anak-anak kita untuk mencintai Al-Quran. 

Seperti tuntunan Nabi SAW  yang artinya : “Didiklah anak-anakmu atas tiga perkara : (1) Kecintaan kepada Nabimu, (2) Kecintaan kepada keluarganya, (3) Kecintaan pada membaca Al-Quran”. (H.R. Ad-Dailami)

 

Sebaliknya, jauh dari Al-Quran pedoman hidup, menyepelekannya, atau malah menistakannya, maka tidak lain akibatnya adalah kenistaan pada diri sendiri. Sebagaimana di dalam sebuah hadits disebutkan :

Artinya : “Sesungguhnya Allah akan memuliakan suatu kaum dengan kitab ini (Al-Quran) dan menghinakan yang lain.” (H.R. Muslim).

 

Karena itu hadirin yang sama-sama mengharap ridha dan ampunan Allah SWT, marilah terus kita pegang teguh Al-Quran ini. Kita baca ayat-ayatnya, kita tadabburi kandungannya, dan kita amalkan nilai-nilai ajarannya. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai, memperkuat, dan mempersaudarakan kita semua kaum mukminin dengan Al-Quran ini.

Aamiin yaa robbal ‘aalamiin.()

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu