3 Cara Penting Untuk Membuat Diri Lebih Bahagia, Menurut Psikolog Dari Finlandia

3 Cara Penting Untuk Membuat Diri Lebih Bahagia, Menurut Psikolog Dari Finlandia

Cara Penting Untuk Membuat Diri Lebih Bahagia, Menurut Psikolog Dari Finlandia-Ist-

RADAR BENGKULU - Selama enam tahun dan seterusnya, Finlandia telah menjadi negara paling bahagia di dunia.

Namun merupakan kesalahpahaman umum jika menganggap masyarakat di sana dilahirkan dengan pandangan positif terhadap kehidupan, kata Frank Martela , seorang peneliti psikologi dan filsuf asal Finlandia

“Akan lebih akurat untuk mengatakan bahwa Finlandia adalah negara dengan jumlah orang yang paling tidak bahagia di dunia,” kata Martela kepada CNBC Make It.

Dilansir pada laman CNBC Make it, Hal ini sebagian besar disebabkan oleh tiga prinsip, yang umum di masyarakat Finlandia, yang membantu menumbuhkan kebahagiaan, kata Martela:

BACA JUGA:5 Cara Terbaik Untuk Meningkatkan Retensi Memori

BACA JUGA:7 Alasan Mengapa Olahraga Sangat Penting Untuk Kesehatan, Penting untuk Hubungan Suami Istri Juga Loh

1. Rasa kebersamaan dan keterhubungan yang kuat

2. Melakukan perbuatan baik untuk orang lain

3. Menemukan tujuan yang jelas untuk diri sendiri

Inilah mengapa hal tersebut sangat "penting", dan bagaimana menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari Anda, menurut Martela.

• Komunitas, amal dan tujuan yang jelas

“Memiliki orang-orang di sekitar Anda yang peduli pada Anda, dan Anda sayangi, membuat orang bahagia,” kata Martela. “Untungnya, hal ini bisa terjadi bahkan dalam kondisi material yang sangat buruk.” 

Bahkan tanpa rumah yang stabil, orang dapat menemukan kebahagiaan dengan berkumpul bersama teman, mengunjungi keluarga, dan berhubungan dengan orang lain melalui permainan kartu atau aktivitas menyenangkan lainnya, menurut penelitian .

Mengenai melakukan perbuatan baik untuk orang lain, sebuah penelitian di Ohio State University pada tahun 2023 terhadap 122 orang dengan kecemasan, depresi, dan stres menemukan bahwa melakukan tindakan kebaikan untuk orang lain memberi mereka rasa kepuasan dan kebahagiaan hidup yang lebih besar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: