Ini Prakiraan Perekonomian di Provinsi Bengkulu pada Triwulan II Tahun 2024, Kinerja Ekspor Meningkat

Ini Prakiraan Perekonomian di Provinsi Bengkulu pada Triwulan II Tahun 2024, Kinerja Ekspor Meningkat

Prakiraan perekonomian di provinsi Bengkulu dilihat juga dari sisi lapangan usaha (LU) terdapat perbaikan LU pertanian yang didorong oleh prospek perbaikan harga komoditas turunan kelapa sawit-naura qristina-

RADAR BENGKULU -  Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu memaparkan tentang prakiraan perekonomian Provinsi Bengkulu pada Triwulan II 2024 di ruang rapat Kantor Perwakilan Provinsi Bengkulu (KPwBI) pada Selasa, 30 April 2024.

Ini dilakukan dalam rangka penyampaian hasil RDG dan Asesmen Regional.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu, Darjana menjelaskan, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) pada triwulan II 2024 diprakirakan menguat sebesar 4,3-5,1% dibandingkan pada triwulan I yang hanya tumbuh sebesar 3,9-4,5%.

Hal ini bisa terjadi, karena didorong oleh konsumsi masyarakat yang meningkat pada momen Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idul Fitri  ditopang oleh pemberian THR secara penuh kepada ASN, penyaluran bansos dan periode libur panjang lebaran. 

Di sisi lapangan usaha, terdapat peningkatan pada sektor transportasi dan pergudangan seiring meningkatnya mobilitas masyarakat pada momen Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) serta sektor perdagangan yang meningkat seiring dengan meningkatnya konsumsi RT. 

BACA JUGA:Perbandingan Galaxy S24 Ultra vs. Galaxy s23 Ultra dan Mengeksplorasi Bagaimana Kedua Ponsel Ini Bersaing

BACA JUGA:6 Tips Merawat Sepeda Motor Injeksi Agar Tetap Dalam Kondisi Baik dan Awet

Lebih lanjut dikatakan, kinerja pertanian juga diprakirakan membaik seiring dengan masuknya masa panen. 

Pada Triwulan II 2024 pertumbuhan ekonomi Provinsi Bengkulu diprakirakan menguat dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Terutama dipengaruhi oleh akselerasi konsumsi rumah tangga, konsumsi pemerintah dan ekspor. 

Komponen Lapangan Usaha (LU) juga mengalami peningkatan. Yaitu pada sektor pertanian, industri pengolahan, perdagangan dan transgud. Adapun peluang dan tantangan yang didapat yaitu:

BACA JUGA:Perbandingan Galaxy S24 Ultra vs. Galaxy s23 Ultra dan Mengeksplorasi Bagaimana Kedua Ponsel Ini Bersaing

BACA JUGA:Innalilahi Wainnailaihi Raji'un, Kades Suka Marga Tutup Usia di Puskesmas Lais

Peluang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: