Ribuan Jemaah Calon Haji Indonesia di Madinah Sudah Diberangkatkan Menuju Makkah

Ribuan Jemaah Calon Haji Indonesia di Madinah Sudah Diberangkatkan Menuju Makkah

Ribuan jemaah calon haji Indonesia mulai bergerak secara bergelombang dari Madinah menuju Makkah, pada Senin, 20 Mei -Ist-

RADAR BENGKULU - Ribuan jemaah calon haji Indonesia mulai bergerak secara bergelombang dari Madinah menuju Makkah, pada Senin, 20 Mei 2024, hal ini untuk persiapan menyambut puncak haji pada 9 Dzulhijjah. 

Jemaah calon haji akan menaiki 10 bus yang telah disediakan dan mulai berangkat dari Hotel Abraj Tabah dari pukul 06.00 waktu Arab Saudi.

Pertama-tama para jemaah akan mengambil Miqat terlebih dahulu di Masjid Bir Ali, untuk selanjutnya bergerak ke Makkah dan melaksanakan umrah wajib. 

BACA JUGA:Kepala Kanwil Kemenag Ingatkan Jamaah Haji Bengkulu Wajib Patuhi Aturan di Tanah Suci

BACA JUGA:Jamaah Haji Indonesia Wajib Mengetahui 6 Aturan yang Tidak Boleh Dilanggar Ketika Berada di Tanah Suci

Dari 10 bus yang berangkat ini, terdiri dari 392 peserta calon haji dan petugas Kloter JKG 1, atau rombongan calon haji yang pertama kali tiba di Madinah pada 12 Mei lalu. 

"Alhamdulillah pagi jamaah haji yang diberangkatkan ke Makkah ada 392 orang yang tergabung dalam JKG 1, jamaah haji dari Jakarta Barat," kata Kepala Daerah Kerja Madinah Ali Machzumi saat melepas jamaah di Hotel Abraj Taba, Madinah. 

Selain para jamaah dari Embarkasi JKG 1, jamaah yang akan diberangkatkan juga terdiri dari embarkasi JKS 2, PLM 1 dan SUB 1 dengan total delapan Kloter atau sekitar 3.000 peserta calon haji termasuk petugas kloter. 

BACA JUGA:Ternyata Begini Proses Memasak dan Pengemasan Makanan Jamaah Haji Indonesia di Dapur Katering Nooha

BACA JUGA:Sesepuh Pondok Suguh Bersuara, Berharap Perkebunan PT. DDP Tetap Ada: Investasi Membantu Masyarakat

Para jemaah ini berangkatkan secara bertahap, dari pagi, siang, dan sore hari. Pergerakan para jamaah dari Madinah ke Makkah ini akan terus berlanjut hingga tanggal 31 Mei 2024. 

Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah, Ali Machzumi mengatakan sebelum menuju Tanah Suci Mekkah, jemaah haji akan singgah dulu sebentar di Masjid Bir Ali untuk salat sunah umroh dan mengambil niat umrah wajib.

"Alhamdulillah proses miqot jemaah haji kita berjalan lancar, jemaah kita sudah sesuai dengan keberangkatan rombongan masing-masing," kata Ali di Kawasan Masjid Bir Ali, Madinah, Arab Saudi, Senin, 20 Mei 2024.

Ali juga menjelaskan di Masjid Bir Ali, bahwa jemaah haji hanya akan singgah sebentar, sekitar 15 menit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: