Ini Kata Bupati Gusnan Mulyadi Soal Tumbuhan Azolla di Jeranglah Rendah

Ini Kata Bupati Gusnan Mulyadi Soal   Tumbuhan Azolla di Jeranglah Rendah

Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi,SE.MM menjelaskan manfaat dari tanaman Azollla untuk ternak-Fahmi-radarbengkulu

RADARBENGKULU - Masyarakat Bengkulu Selatan yang mempunyai keinginan untuk menjadi peternak, ada beberapa hal yang harus dilakukan agar bisa menjadi sukses.  Apalagi mampu memanegemen terkait pengeluaran dalam pemilihan. 

Salah satunya terkait pakan, dalam hal ini masyarakat bisa menggunakan tumbuhan Azollla sebagai pakan selain pur atau yang lainnya.

BACA JUGA:Juru Parkir Bengkulu Selatan Disuruh Jaga Kebersihan

 

Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi SE.MM menyampaikan, hal ini sudah dilihat disalah satu desa yang memanfaatkan tumbuhan Azollla untuk pakan ternak. Yaitu, di Desa Jeranglah Rendah

Karena, tumbuhan Azollla ini memiliki kandungan protein dasar yang cukup tinggi. Yaitu sekitar 23 sampai 30 %. Serta memiliki kandungan lignin yang rendah, sehingga mudah dicerna oleh ternak.

BACA JUGA:Ayo Ikut Lomba Maskot Pilkada Bengkulu Selatan, Dapatkan Hadiah Uang Rp 15 Juta

 

"Oleh karena itu, tumbuhan Azolla cocok untuk dimanfaatkan sebagai campuran pakan ternak, khususnya itik, ayam, kambing, sapi dan kelinci. Bahkan tumbuhan Azollla ini bisa kita panen setiap hari. Karena, perkembangannya cukup cepat,"papar Gusnan dirumah Dinasnya Kamis, 23 Mei 2023.

Untuk itu,pihaknya juga meminta dengan apa yang sudah dilakukan oleh Kepala Desa Jeranglah Rendah bisa dicontoh oleh Kepala Desa yang lain dalam inovasi beternak. Karena, dengan beternak menjadikan tumbuhan sebagai rantai makanan ini cukup bagus.

BACA JUGA:BPN Bengkulu Selatan Lakukan Sosialisasi Inventarisasi Data Lokasi Indikatif Pengadaan Tanah

 

Bahkan salah seorang warga, Milsan meminta diadakan pelatihan di desa desa untuk memberikan motivasi kepada masyarakat agar termotivasi untuk menambah penghasilan dengan menciptakan peluang  di desa. Sehingga tumbuh kembang ekonomi bisa semakin meningkat.

"Menanggapi hal tersebut, kita siap. Segera akan kita lakukan dengan pihak Dinas Pertanian. Mungkin nanti di dampingi oleh pihak PPL untuk melakukan bimbingan serta solusi untuk pemeliharaan ternak dari perawatan hingga panen,"pungkas Gusnan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu