DP3AP2KB Provinsi Bengkulu Suport Perempuan Meningkatkan Ekonomi Keluarga Melalui Bisnis Online

DP3AP2KB Provinsi Bengkulu Suport Perempuan Meningkatkan Ekonomi Keluarga Melalui Bisnis Online

DP3AP2KB Provinsi Bengkulu Suport Perempuan Meningkatkan Ekonomi Keluarga Melalui Bisnis Online-Naura -

Lalu, Ketua Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Bengkulu, Anita Rosjonsyah, S.Sos. M,Si mengapresiasi adanya kegiatan ini untuk perempuan di Provinsi Bengkulu.

"Dengan adanya kegiatan ini sudah sangat bagus untuk ibu-ibu atau perempuan yang hadir, mungkin akan mendapatkan inspirasi dari materi-materi yang telah diberikan oleh narasumber," ujar Anita.

Ia menjelaskan bahwa ada berbagai macam jenis usaha atau bisnis online yang dapat dijalankan oleh ibu-ibu sekalian seperti contohnya kerajinan tangan, makanan atau lainnya.

"Tapi itu semua tergantung dari apa yang menjadi kemampuan masing-masing, apa bidang keahliannya, mungkin memasak jadi bisa berjualan tentang makanan melalui media online atau bahkan kerajinan tangan juga bisa," tambahnya.

Kemudian, salah satu narasumber yang bernama Lidya sebagai pemilik usaha Rumah Produksi Matahari Handycraft, ia memberikan materi tentang pemberdayaan perempuan melalui bisnis jualan online.

Ia mengatakan ada beberapa jenis-jenis bisnis yang dapat menjadi rekomendasi bisnis untuk perempuan di Provinsi Bengkulu. 

"Untuk pilihan bisnis buat perempuan itu ada banyak, seperti produksi, perlengkapan fashion atau baju dan jilbab secara online, tutor online juga bisa, reseller, dropshipper dan ada banyak lagi pilihannya," jelasnya.

Namun, ada beberapa kendala untuk menjalankan bisnis online ini, seperti perempuan yang sudah lanjut usia yang mungkin kurang paham dengan teknologi.

"Jadi untuk perempuan yang sudah lanjut usia ini mungkin pilihannya adalah menjadi supplier, jadi supplier itu yang produksi. Jadi nanti untuk bagian pemasarannya bisa memperkerjakan pihak lain, seperti anak atau keluarga lain atau yang lebih enak bisa membagikan produk jualannya melalui grup-grup WhatsApp atau Facebook," katanya

Jadi untuk ibu-ibu yang telah lanjut usia tetap bisa mengikuti bisnis online tersebut dengan yang menjadi pembuatnya atau produsen. 

"Walaupun telah lanjut usia, ibu-ibu tetap tetap dapat belajar ya, bagaimana cara memasarkan bisnis onlinenya, bisa melalui grup-grup jual beli Facebook atau grup WhatsApp, karena ini lebih mudah dan jangkauan juga lebih banyak untuk dijalankan oleh ibu-ibu," ujarnya.

Lidya juga mengapresiasi kegiatan ini dan senang dapat membagikan pengalamannya yang mungkin dapat memotivasi ibu-ibu atau perempuan lainnya.

"Saya seneng bisa sharing, apalagi pesertanya ini kebanyakan ibu-ibu atau perempuan, karena perempuan itu kalau bisa harus ikut turun serta dalam perekonomian keluarga. Semoga dinas pemberdayaan perempuan kedepannya lebih sering lagi mengadakan kegiatan seperti ini." tutupnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: