Pelan Tapi Pasti, Pembangunan Pelabuhan Perikanan Nusantara di Kabupaten Seluma Tahun 2024 Berlanjut

Pelan Tapi Pasti, Pembangunan Pelabuhan Perikanan Nusantara di Kabupaten Seluma Tahun 2024 Berlanjut

Dapat Kuncuran Dana Rp 7 M DKP Provinsi Bengkulu Lanjutkan Pembangunan PPN di Seluma-Naura -

Terutama kebutuhan listrik yang masih menjadi prioritas untuk tahun berikutnya.

"Mudah-mudahan tahun depan untuk listrik, pabrik es, cold storage, dan SPDN serta sarana prasarana lainnya bisa berjalan," harapnya.

Pada tahap pertama pembangunan di tahun 2023, sejumlah infrastruktur telah dibangun, termasuk instalasi air bersih dan air baku, penahan tanah, tempat pemasaran ikan, pembangunan dermaga, pembangunan kolam pelabuhan, pembangunan drainase, hingga pemasangan instalasi listrik di kawasan PPN.

BACA JUGA:Handphone Baru Ulefon Armor 25T Pro Resmi Dirilis, Hadirkan Fitur ThermoVue dan Night Vision, Baterai 6500 mAh

Syafriandi berharap para nelayan yang ada di sekitar pelabuhan dapat memanfaatkan sarana-prasarana yang ada di Pelabuhan Perikanan Nusantara Pasar Seluma.

"Kami berharap kepada Kabupaten Seluma, untuk nelayan-nelayan yang ada di sekitar Pasar Seluma itu dapat memanfaatkan kolam pelabuhan yang sudah kita bangun tahun kemarin. Para nelayan tradisional sudah bisa memanfaatkan pelabuhan yang kita bangun," ujarnya.

Namun, untuk kapal berukuran besar, pemanfaatan pelabuhan belum bisa maksimal karena infrastruktur pendukung baru akan dibangun tahun ini.

Infrastruktur yang akan dibangun tahun ini mencakup penambahan dermaga sekitar 12-15 meter, penimbunan dermaga agar proses bongkar muat tidak bermasalah, serta pembangunan talud atau bridge water untuk kapal masuk dari laut menuju ke PPN.

BACA JUGA:Skuter Matic NW F125 Saingan Berat Stylo 160, Mesin Lebih Besar dan Bergaya Retro, Harga Segini

BACA JUGA:Handphone Baru Ulefon Armor 25T Pro Resmi Dirilis, Hadirkan Fitur ThermoVue dan Night Vision, Baterai 6500 mAh

"Untuk kapal besar, di tahun ini kita baru bangun pintu masuk di muara baru, karena muara yang lama sudah tertutup maka muara yang baru akan kita bangun tahun ini," kata Syafriandi.

Pelabuhan Perikanan Nusantara Pasar Seluma diharapkan dapat menjadi pusat aktivitas perikanan yang modern dan efisien di Bengkulu.

Dengan adanya fasilitas seperti cold storage dan pabrik es, hasil tangkapan nelayan dapat terjaga kualitasnya sebelum didistribusikan ke pasar.

Selain itu, dengan adanya SPDN, para nelayan tidak perlu kesulitan dalam memperoleh bahan bakar untuk operasional kapal mereka.

Pembangunan PPN Pasar Seluma juga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: