Masih Bertambah, Ratusan Ekor Hewan Kurban Siap Disembelih

Masih Bertambah, Ratusan Ekor Hewan Kurban Siap Disembelih

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bengkulu Selatan H. Irawadi, S. Ag. MH-Fahmi-radarbengkulu

RADARBENGKULU – Hingga Jumat (14/6) siang, Kantor Kemenag Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) telah mencatat sebanyak 964 ekor hewan kurban yang siap disembelih pada puncak perayaan Idul Adha 1445 hijriah tahun ini.

 Adapun ratusan ekor hewan kurban tersebut tersebar di 11 wilayah kecamatan di Bengkulu Selatan.

BACA JUGA:Pemda Bengkulu Selatan Gelar Bimtek Manajemen Risiko dan Pembinaan SPIP

 

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bengkulu Selatan, H. Irawadi, S. Ag. MH melalui Kasi Bimas Islam Kantor Kemenag BS, H. Midi Saherman mengatakan, jenis hewan kurban paling banyak masih didominasi oleh domba atau kambing dengan jumlah 491 ekor. Kemudian sapi sebanyak 446 ekor. Lalu, sisanya kerbau sebanyak 27 ekor.

“Data ini sudah masuk ke kami, tapi siapa tahu ada perubahan lagi. Karena, ada tambahan terbaru. In shaa Allah, nanti pemotongan hewan kurban ini akan dilakukan panitia di masjid masing-masing,” ujarnya Midi, Sabtu, 15 Juni 2024.

BACA JUGA:Kasat Narkoba Polres Bengkulu Selatan Berganti,Ini Nama Penggantinya

 

Lanjut Midi, data hewan kurban yang masuk ke Kemenag BS tidak termasuk hewan kurban yang akan disembelih mandiri oleh masyarakat. Sebab, data itu tidak disampaikan masyarakat ke Penyuluh Agama Islam (PAI) atau hanya sebatas di tingkat desa saja.

“Kalau pelaksanaan penyembelihan itu nanti dilakukan setelah salat Idul Adha. Hewan ini juga sudah dicek kesehatannya oleh tim dari Dinas Pertanian Bengkulu Selatan dan Alhamdulillah tidak ada masalah,” jelasnya.

BACA JUGA:Bapenda Bengkulu Selatan Optimis Target PAD Tahun 2024 Tercapai

 

Masih kata Medi, teknis pembagian daging kurban juga diserahkan langsung kepada panitia pelaksana. Pihaknya hanya melakukan pemantauan saja. Tak hanya itu, terkait akomodasi maupun tenaga tambahan, juga diserahkan kepada panitia.

“Harapan kami tentu pelaksanaan pemotongan hewan kurban ini berjalan lancar. Karena memang jumlah total hewan yang dipotong tidaklah sedikit. Kepada masyarakat, kami harap antusiasnya untuk memeriahkan Idul Adha kali ini,” pungkas Midi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu