Dinas PUPR Bengkulu Selatan Lakukan Uji Kompetensi Keterampilan Untuk Tukang Bata

Dinas PUPR Bengkulu Selatan Lakukan Uji Kompetensi  Keterampilan Untuk Tukang Bata

Dinas PUPR Bengkulu Selatan laksanakan uji kompetensi spesialis tukang batu bata -Fahmi-radarbengkulu

RADARBENGKULU - Sesuai dengan amanat undang - undang, semua kegiatan konstruksi yang menggunakan dana APBN, APBD wajib hukumnya memakai tenaga yang terampil.

Untuk itu, Dinas  Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Bengkulu Selatan mengadakan uji kompetensi bagi tukang spesialis pasang batu bata. Sehingga nantinya dalam pengerjaan infrastruktur di Bengkulu Selatan sudah mempunyai tukang yang terampil dan bersertifikat.

BACA JUGA:Kembali Utuh, Ini Pesan Bupati Gusnan kepada 136 Jamaah Haji Bengkulu Selatan

 

Kadis PUPR Kabupaten Bengkulu Selatan Teddy Setiawan, ST, M.Si melalui Kabid Jasa Konstruksi (Jakon) Dwi Eka Noprayanti menyampaikan, untuk  job desk adalah penjabaran kerja, jabatan, dan tanggung jawab seorang pekerja yang ada di PUPR sebanyak 25 Job desk. Seperti tukang kayu, tukang semen, tukang cat,dan sebagainya.

''Dengan harapan, kalau kita mempunyai tukang bersertifikat, maka mutu dalam pekerjaannya pasti bagus. Jangan sampai tukang yang mengerjakannya mempunyai pekerjaan yang asal - asalan. Apalagi untuk pembangunan yang menggunakan APBN ataupun APBD, diharapkan bisa bertahan lama dengan pemanfaatannya,"papar Dwi yang akrab disapa Pipit Minggu, 30 Juni 2024.

BACA JUGA:Rapat Koordinasi, Dinas Kesehatan Bengkulu Selatan Bakal Lakukan Pengawasan Sarana Apotek dan Toko Obat

 

Apalagi tugas dari bidang Jakon, sangatlah banyak. Yaitu, dari sistem perencanaan harus dikuasai, mengawasi tender dan kontrak, mengawasi pekerjaan dan hasil pekerjaan, sampai ke pemanfaatan bangunan yang akan dibangun.

Untuk pelaksanan ujian tukang ini, yang mengadakan PUPR. Tetapi yang memberikan sertifikasi tukang bukan dari PUPR ,  tetapi Lembaga  Sertifikat  Propesi (LSP) bekerjasama dengan pihak  BJKW II Palembang.

BACA JUGA: Mall Pelayanan Publik Akan Dilaunching DPMPTSP Bengkulu Selatan Akhir Agustus 2024

 

"Untuk kali ini, uji kompetensi tukang batu bata diikuti oleh 30 peserta. Hal ini kami lakukan untuk memberikan pembangunan yang berkualitas yang ada di Bengkulu Selatan. Nantinya dari 30 orang ini bisa jadi berkompeten atau tidak berkompeten tergantung dengan keahlian yang dimiliki tukang,"pungkas Pipit.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu