Provinsi Bengkulu Mulai Mewaspadai Cacar Monyet, Langkah Preventif Mulai Dilakukan

 Provinsi Bengkulu Mulai Mewaspadai Cacar Monyet, Langkah Preventif Mulai Dilakukan

Waspada Cacar Monyet, RSMY Bengkulu Siapkan Langkah Preventif-poto ilustrasi-

 

RADAR BENGKULU  - Kasus penyakit cacar monyet, atau Monkeypox, kini menjadi sorotan serius dalam dunia medis global.

Di Indonesia, puluhan kasus telah terdeteksi, mendorong Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) untuk mengeluarkan surat edaran berisi panduan langkah-langkah pencegahan dan kewaspadaan terhadap penyakit menular ini.

Di Bengkulu, kewaspadaan terhadap potensi masuknya penyakit ini terus meningkat, meskipun hingga saat ini belum ada laporan kasus yang ditemukan di Provinsi Bengkulu

Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah M Yunus (RSMY) Bengkulu, Dr. Ari Mukti Wibowo, mengungkapkan, pihaknya telah mengambil berbagai langkah antisipatif guna mencegah cacar monyet masuk ke Bengkulu.

BACA JUGA:Astrid Tutup Kemeriahan Bencoolen Fest 2024 Dengan Penampilan yang Spektakuler

BACA JUGA:Dinas Kesehatan Bengkulu Selatan Adakan Pengawasan Izin Operasional Tempat Praktik Kesehatan

"Sejauh ini, cacar monyet belum terdeteksi di Bengkulu. Namun, kami tidak tinggal diam. Berbagai langkah pencegahan telah kami siapkan. Termasuk instruksi yang harus dijalankan dan sistem pelaporan kasus secara ketat," jelas Dr. Ari pada Minggu, 31 Agustus 2024.

Lebih lanjut Dr. Ari menjelaskan bahwa penilaian untuk menetapkan apakah suatu penyakit telah menjadi wabah bukanlah perkara mudah.

"Apabila benar-benar terjadi wabah, ada banyak aspek yang perlu dipertimbangkan. Termasuk tanggung jawab pembiayaan yang harus ditanggung oleh pemerintah daerah dan pusat," tambahnya.

Untuk mengantisipasi kemungkinan tersebut, RSMY telah mempersiapkan sejumlah fasilitas yang diperlukan.

Termasuk ketersediaan ruang isolasi. Dr. Ari menegaskan, sebagai rumah sakit rujukan tertinggi di Bengkulu, RSMY harus selalu siap menghadapi segala kemungkinan, baik itu kasus cacar monyet maupun penyakit menular lainnya.

BACA JUGA:Barista Challenge 2024, Ajang Unjuk Bakat Meracik Kopi dan Angkat Potensi Kopi Lokal di Bengkulu

BACA JUGA:Polres Seluma Berikan Pengamanan Melekat kepada Paslon Bupati dan Wakil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: