Manfaat Air Batang Pisang, Begini Cara Mengolahnya

Manfaat Air Batang Pisang, Begini Cara Mengolahnya

Inilah Manfaat air batang pisang, dapat menurunkan tekanan darah dan hipertensi-Poto ilustrasi-

radarbengkuluonline.id - Menurut ahlinya dalam Sebuah penelitian terbaru di Universitas Brawijayadi Malang menunjukkan bahwa air batang pisang dapat berperan dalam menurunkan tekanan darah pada pasien hipertensi. 

Dalam penelitian tersebut, 60 pasien dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama mengonsumsi air batang pisang selama empat minggu, sedangkan kelompok kedua menerima plasebo. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tekanan darah sistolik dan diastolik pada kelompok yang menerima air batang pisang secara signifikan lebih rendah daripada kelompok plasebo.

Selain itu, penelitian lain yang dilakukan oleh Universitas Airlangga di Surabaya menunjukkan bahwa air batang pisang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. 

Dalam penelitian ini, 100 orang dewasa yang sehat dibagi menjadi dua kelompok, dengankelompok pertama menerima air batang pisang selama delapan minggu dan kelompok kedua menerima plasebo. 

BACA JUGA:6 Rekomendasi Oleh-Oleh Makanan Khas Bojonegoro, ada Pisang Sale dan Kuliner Khas Lainnya

BACA JUGA:Pengiriman 8 Ton Pisang Enggano Tertunda Akibat Cuaca Buruk di Bengkulu, tansportasi ke Enggano Terganggu

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar vitamin C dan antioksidan meningkat secara signifikan pada kelompok yang menerima manfaat air rebusan batang pisang danberhubungan dengan peningkatan daya tahan.

Melansir dari sumber rri.com bahwa untuk memaksimalkan manfaat kesehatan dari air rebusan batang pisang, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi air batang pisang:

Asupanmoderat disarankan untuk mengonsumsi 1-2 gelas per hari. Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti mual dan diare.

Pilih batang pisang yang segar: gunakan batang pisang yang masih segar dan belum layu untuk menghindari kontaminasi bakteri dan jamur.

Cuci bersih sebelum diolah: cuci batang pisang dengan baik dibawah air mengalir untuk menghilangkan kotoran dan pestisida.

Konsumsi segera setelah diolah: batang pisang harus segera dikonsumsi setelah diolah untuk menghindari perubahan rasa dan warna.

Ikuti tips berikut untuk mendapatkan manfaat kesehatan penuh dari air batang pisang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: