Identitas Bangsa, Mahasiswa dan Pengusaha Bengkulu Bicara Tentang Perlunya Pelestarian Busana Batik

Identitas Bangsa, Mahasiswa dan Pengusaha   Bengkulu Bicara Tentang Perlunya Pelestarian Busana Batik

Usaha Batik khas Bengkulu terus alami kemajuan-Riko Yanuardi-radarbengkulu

radarbengkuluonline.id – Memperingati Hari Batik Nasional, mahasiswa dan owner busana batik di Bengkulu turut menyemarakkan momentum ini dengan antusiasme tinggi.

Peringatan Hari Batik Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Oktober ini mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mengenakan dan mengapresiasi batik sebagai warisan budaya bangsa yang telah diakui UNESCO.

BACA JUGA: MIN 2 Bengkulu Tengah Tanamkan Kecintaan Anak pada Seni dan Budaya Batik Shibori

BACA JUGA:Peserta Pelatihan Batik Sungai Lemau Terbaik Akan Dikirim ke Pekalongan

 

Ghopal Hatibi (21), seorang mahasiswa yang aktif di UKM Seni UINFAS, menekankan pentingnya batik sebagai identitas budaya. Batik adalah wujud dari kekayaan budaya Indonesia yang harus dijaga.

"Sebagai bagian dari warisan budaya, batik bukan hanya sekadar pakaian saja. Ini adalah identitas nasional yang harus kita jaga. Saya bangga bisa mengenakan batik buatan pengrajin lokal di acara-acara penting," ujarnya saat ditemui RADAR BENGKULU di Kamus UIN FAS Bengkulu, Selasa, 2 Oktober 2024.

BACA JUGA:Begini Cara Pemprov Bengkulu dan Dekranasda Promosikan Batik Basurek dan Membantu UMKM

BACA JUGA:Batik Sekundang Sudah Ikuti Tren Fashion Masa Kini

 


Ghopal Hatibi (21), seorang mahasiswa yang aktif di UKM Seni UINFAS Bengkulu-Riko Yanuardi-radarbengkulu

Tak hanya dari kalangan mahasiswa, pelaku usaha batik di Bengkulu juga merasakan dampak positif dari hari batik nasional. Minat masyarakat terhadap batik terus meningkat dan banyak menerima orderan khusus  menjelang hari batik nasional.

 Mez (40), seorang pengusaha dan owner Trisma Flower's menuturkan bahwa biasanya akan diadakan karnaval khususnya untuk Kota Bengkulu. "Harapan kita mudah-mudahan batik kita dapat dikenal orang sampai ke nasional. Ini sangat menggembirakan bagi kami sebagai pengusaha lokal," ungkapnya.

BACA JUGA:Mengenal Batik Besurek Khas Bengkulu, Sudah Dikenal Dunia Loh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu