Batik Sekundang Sudah Ikuti Tren Fashion Masa Kini

Batik Sekundang Sudah Ikuti Tren Fashion Masa Kini

Pelaku UMKM Batik Sekundang mengikuti kegiatan Manna Expo yang didampingi langsung Kepala Dinas Perdagangan, Binagransyah,MM-Fahmi-radarbengkulu

 

RADARBENGKULU - Kepala Dinas Perdagangan Bengkulu Selatan, Binagransyah,MM mengatakan, Batik Sekundang sudah digaungkan mulai tahun 2022 yang lalu.

Bahkan,  batik ini juga sudah menjadi baju dinas bagi seluruh ASN yang digunakan pada setiap hari Kamis. Bukan itu saja, pihaknya juga sudah mengadakan pelatihan agar pelaku UMKM Batik Sekundang terus berkembang.

BACA JUGA:Disabilitas dan Anak Yatim Bengkulu Selatan Diusulkan Dapat Bantuan Sosial

 

"Batik Sekundang yang menjadi pelaku UMKM Bengkulu Selatan yaitu Batik Sekundang Cauple lakin- laki dan perempuan, ikat kepala Batik Sekundang, selendang,tas,kain sarung,jilbab yang bersumber dari Batik Sekundang. Saat ini ada tujuh pelaku UMKM Batik Sekundang yang kita latih, tetapi baru empat pelaku UMKM yang menjual kreasi Batik Sekundang,"ungkap Binagransyah Minggu (12/11).

Selain ASN yang diwajibkan menggunakan Batik Sekundang,diharapkan juga seluruh masyarakat menggaungkan untuk menggunakan Batik Sekundang.Baik dalam kegiatan pernikahan,ataupun nanti khusus untuk pakaian anak sekolah. Sehingga Batik Sekundang ini akan tersebar sampai ke pelosok desa.

BACA JUGA:Manna Expo, Ini Terobosan Baru Bupati Bengkulu Selatan Tarik Investor ke Daerah

 

Inovasi ini harus dilakukan oleh pelaku UMKM. Bagaimana nantinya bahan Batik Sekundang bisa membuat kreasi untuk mengikuti perkembangan zaman, untuk itu diharapkan kepada pelaku UMKM untuk selalu  style masa kini agar  kreatif, tidak ketinggalan zaman.

"Pelaku boleh saja menambahkan corak. Yang pasti corak Batik Sekundang seperti gambar lengguai, keladi, pakis, bambu sebagai ciri khas Batik Sekundang tidak hilang,"pungkas Binagransyah.(*) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu