Pemprov Bengkulu Mesti Waspada Inflasi Meningkat Menjelang dan Saat Natal Tahun Baru

Pemprov Bengkulu Mesti Waspada Inflasi Meningkat Menjelang dan Saat Natal Tahun Baru

Waspadai Inflasi Meningkat Menjelang Natal dan Tahun Baru, Pemda Bengkulu Diimbau Antisipasi Kenaikan Harga Pangan.-Poto web LM-

Menjaga inflasi di rentang target 2,5 persen ± 1 persen merupakan tantangan tersendiri bagi Pemerintah Provinsi Bengkulu, terlebih dengan adanya risiko kenaikan harga komoditas dan sektor lainnya menjelang akhir tahun.

Meski deflasi terjadi dalam beberapa bulan terakhir, faktor musiman menjelang libur panjang berpotensi mendongkrak harga.

Sebagai tindak lanjut, Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu dan tim pengendali inflasi daerah berencana melakukan beberapa langkah strategis untuk memastikan stabilitas harga.

Selain memperkuat pengawasan di pasar, pemda juga berencana menggelar rapat koordinasi untuk memetakan potensi kenaikan harga serta merumuskan langkah konkret yang dapat diambil.

“Kita akan memperkuat koordinasi dengan berbagai pihak terkait, termasuk pihak transportasi dan distributor barang. Harapannya, inflasi dapat dikendalikan dengan baik tanpa ada lonjakan harga yang berarti,” ungkapnya.

Sebagai bentuk antisipasi tambahan, pemerintah daerah juga disarankan untuk mengoptimalkan peran operasi pasar dalam mengendalikan harga pangan.

Operasi pasar dianggap efektif untuk menekan harga komoditas yang mengalami lonjakan tak wajar, sehingga daya beli masyarakat tetap terjaga.

Menjelang akhir tahun, masyarakat Bengkulu diharapkan untuk tetap bijak dalam mengatur konsumsi, terutama bagi yang merayakan Natal dan menyambut Tahun Baru.

Kenaikan harga komoditas yang kerap terjadi pada momen ini menjadi salah satu alasan pentingnya langkah antisipasi dini.

"Semoga dengan langkah-langkah yang sudah direncanakan, inflasi di Bengkulu bisa tetap stabil. Ini bukan hanya tugas pemerintah, tetapi juga tanggung jawab masyarakat untuk menjaga stabilitas ekonomi daerah," tutup Win Rizal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: