20 Puskesmas di Bengkulu Tengah Ditingkatkan jadi Badan Layanan Umum Daerah

20 Puskesmas di Bengkulu Tengah Ditingkatkan jadi Badan Layanan Umum Daerah

Ilustrasi Badan Layanan umum Daerah-Agus-radarbengkulu

radarbengkuluonline.id, Benteng – Guna memperkuat efisiensi operasional dan mempercepat akses masyarakat Kabupaten Benteng terhadap layanan kesehatan yang lebih berkualitas, Dinas Kesehatan (Dinkes) Benteng berencana meningkatkan kualitas layanan kesehatan dengan menargetkan 20 Puskesmas menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) . 

"Penerapan sistem BLUD akan memberikan kontrol yang lebih besar kepada Puskesmas dalam pengelolaan anggaran," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Benteng Barti Hasibuan,SKM.

BACA JUGA:Pemkab Bengkulu Tengah Terima DAK Fisik Lebih dari Rp 36 Miliar

BACA JUGA:Inspektorat Bengkulu Tengah Panggil Sejumlah Perangkat Desa

 

Ditambahkan, sebagai bagian dari persiapan, Dinkes Benteng telah menggelar Workshop BLUD menghadirkan narasumber dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Bengkulu yang diikuti oleh para kepala Puskesmas dan staf administrasi. 

"Dengan sistem BLUD, Puskesmas akan lebih leluasa dalam pengelolaan keuangan, sehingga pelayanan kesehatan dapat dilakukan lebih cepat dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat," ujarnya.

BACA JUGA:Polsek Talang Empat Bengkulu Tengah Kurangi Beban Ekonomi Warga Kurang Mampu

BACA JUGA: Kabupaten Bengkulu Tengah akan Bangun Labkes Tahun 2025

 

Ditambahkan, persiapan sedang dilakukan, termasuk penyusunan dokumen-dokumen penting seperti Standar Operasional Prosedur (SOP), Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi), serta daftar layanan yang akan ditawarkan. 

"Dinkes Benteng juga akan melakukan pendampingan dan verifikasi untuk menentukan kelayakan setiap Puskesmas dalam mengadopsi sistem BLUD," jelasnya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu