Layanan Home Delivery Library Service Untuk Lansia dari DPK Provinsi Bengkulu

Layanan Home Delivery Library Service Untuk Lansia dari DPK Provinsi Bengkulu

perpustakaan provinsi bengkulu-nanda-

 

RADAR BENGKULU - Misi perpustakaan provinsi Bengkulu adalah memberikan layanan informasi kepada seluruh masyarakat tanpa terkecuali, termasuk masyarakat lanjut usia.

Selama ini fokus layanan perpustakaan umum lebih kepada layanan anak-anak dan remaja. Sedangkan untuk pengunjung dewasa bahkan lanjut usia jarang sekali disentuh.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan atau DPK Provinsi Bengkulu, H. Meri Sandi, M. Pd mengungkap DPK Provinsi Bengkulu akan menyiapkan layanan Home Delivery Library Service untuk para Lansia.

Program ini di prioritaskan bagi para Lanjut Usia (Lansia) yang memiliki keterbatasan untuk datang langsung ke Perpustakaan Provinsi Bengkulu. 

BACA JUGA:Gubernur Bengkulu: Literasi Keuangan yang Rendah Bisa Menghambat Perekonomian

BACA JUGA:Harga Suzuki Ertiga Smart Hybrid versi Terbaru Februari 2024

Dirinya menyampaikan kenapa program ini menjadi prioritas, karena para lansia ingin membeli buku tidak sempat, mau berjalan sudah susah, tempat membeli bukunya tidak tau.

Maka dari itu, program jemput lansia menjadi solusi utama permasalahan tersebut.

"Diketahui banyaknya lansia yang sudah lelah untuk pergi ke perpustakaan, karena rentannya usia, jadi sudah susah untuk kemana-mana, maka dari itulah dibuat inovasi Home Delivery Library Service untuk para lansia. Supaya mereka tetap bisa membaca buku-buku perpustakaan." Kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu, H. Meri Sasdi, M.Pd melalui Kepala Bidang (Kabid) Deposit, Pengembangan Koleksi, Layanan dan Pelestarian, Hj. Wardaniar, S.Sos, M.Pd.

Peran penting perpustakaan umum dalam kehidupan para lanjut usia sangat diperlukan, jangan sampai lansia lupa membaca, untuk menghindari penyakit pikun harus benar-benar digagas, baik melalui tulisan ilmiah, penelitian, maupun praktek.

“Home Delivery Library Service”, inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat Provinsi Bengkulu. Perpustakaan provinsi mengembangkan pelayanan home delivery library walaupun masih terbatas, hanya untuk permustaka Lanjut Usia (Lansia) dengan cara menjemput pemustaka. 

Program jemput lansia ini sudah ada, namun belum di laksanakan.

Untuk saat ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu sedang mendata disetiap kelurahan, RT, bagi lansia yang hobi membaca. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: