UMB Wisuda 491 Orang Sarjana Baru Siap Kerja

Kamis 02-05-2019,09:27 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO  >>  BENGKULU  >>   Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) hari ini dengan bangga mewisuda 491 orang wisudawan-wisudawati yang berhasil menamatkan pendidikan mereka di 8 fakultas Program Sarjana Periode Mei Tahun 2019 bertempat di Gedung Gunung Bungkuk STQ Kota Bengkulu.

Adapun mereka merupakan lulusan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 167 orang, Fakultas Agama Islam sebanyak 25 orang, Fakultas Pertanian 36 orang, Fakultas Ekonomi 120 orang, Fakultas Teknik 60 orang, Fakultas Ilmu Kesehatan 38 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik 21 orang, Fakultas Hukum 24 orang.

Wisuda UMB periode Mei Tahun 2019 merupakan wisuda pertama di tahun ini (1/5). Yang mana Sidang Wisuda yang akan digelar memiliki arti yang penting. Karena masyarakat, bangsa, dan negara Indonesia khusuusnya masyarakat Provinsi Bengkulu mendapatkan kembali putra-putri terbaiknya yang telah menjadi putra-putri terdidik, terlatih dan tercerahkan dari kampus terfavorit dari pilihan masyarakat Bengkulu.

Acara yang penuh khidmat dan kebahagiaan tampak pada ribuan keluarga dan sahabat wisudawan-wisudawati yang larut dalam kegembiraan. Beberapa tokoh penting dan tamu undangan yang turut hadir di acara wisuda UMB adalah Ketua Majelis Dikti Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Gubernur Bengkulu beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Bengkulu, Ketua DPRD Provinsi Bengkulu, Walikota Bengkulu, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah 2, Koordinator Kopertais Wilayah VII, Pimpinan Perguruan Tinggi se Provinsi Bengkulu, Kepala Dinas/Badan/Kantor serta Pimpinan Bank, Pimpinan Media Cetak dan Elektronik, serta segenap Mitra Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Pimpinan Wilayah Muhammadiyah dan Asiyiyah Beserta Ortom, Senat serta Civitas Akademika dan Karyawan Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Rektor Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Dr. H. Sakroni, M.Pd. membuka langsung acara wisuda dan memberikan ucapan selamat kepada wisudawan dan orang tua. “Dalam kesempatan ini secara khusus pula kami mengucapkan terima kasih kepada orang tua wali para wisudawan yang telah menitipkan anaknya di UMB dan hari ini kami serahkan kembali. Semoga kerja sama ini terus kita lanjutkan sampai ke cucu-cucu bapak dan ibu. Selamat para wisudawan.” Sakroni juga menambahkan apresiasi dan rasa syukur ataa suksesnya proses perkuliahan para wisudawan/ti dan masih tingginya jumlah mahasiwa baru yang diterima yang menandakan semakin tinggi minat , kualitas dan biaya terjangkau dalam melanjutkan pendidikan tinggi di UMB, sehingga dapat menyentuh disemua lapisan masyarakat Bengkulu.

“Alhamdulillah hingga tahun ajaran 2018/2019 ini, masyarakat Provinsi Bengkulu masih menjadikan UMB sebagai perguruan tinggi swasta favorit untuk melanjutkan studi. Sistem penerimaan mahasiswa baru UMB juga tidak membedakan latar belakang calon mahasiswa. UMB juga telah menjalin Kerjasama dalam dan luar negeri di bidang Tri Darma Perguruan Tinggi saat ini dengan melakukan 185 Kerjasama dalam negeri dan 43 Kerjasama Luar Negeri, ”tutur Sakroni. Sakroni menambahkan, selain memiliki 4 Kampus yang berada di tengah kota Bengkulu, Universitas Muhammadiyah Bengkulu juga sudah menyelesaikan Gedung 6 lantai yang merupakan kembaran dari Gedung Ahmad Dahlan dan Masjid At-Tanwir yang dibangun berlantai tiga yang dilengkapi dengan AC. Kedua bangunan tersebut berlokasi di Kampus 4 yang direncanakan akan menjadi kampus pusat dan terpadu UMB berada di Jalan Adam Malik Pagar Dewa Kota Bengkulu. Bangunannya dirancang modern, futuristik dan bisa menjadi salah satu objek wisata. Disamping itu, Universitas Muhammadiyah Bengkulu memiliki Sekolah Laboratorium Fakultas Pertanian, yaitu SMK Agro Maritim terletak di dekat kampus 4 lengkap dengan fasilitas pembelajaran, memiliki 37 siswa pilihan seluruh Provinsi Bengkulu dengan Program Menjemput Matahari. Dan tahun ini juga akan menerima kembali siswa baru dengan jalur prestasi dan regular. Dalam pidatonya Sakroni menjelaskan perkembangan UMB saat ini. Dalam hal Sumber Daya Manusia menurut jenjang pendidikannya, tenaga pendidik Universitas Muhammadiyah Bengkulu terdiri atas 31 orang dosen lulusan S-3 (10,99%), 251 dosen lulusan S-2 (89,01%). Tenaga kependidikan Universitas Muhammadiyah Bengkulu berjumlah 88 orang dan tenaga pustakawan berjumlah 5 orang.

Sakroni memaparkan lebih lanjut, pada tanggal 15-17 Februari 2019 Universitas Muhammadiyah Bengkulu telah sukses sebagai tuan rumah perhelatan Nasional dan Sidang Tertinggi kedua di Persyarikatan Muhammadiyah, yakni Sidang Tanwir Muhammadiyah yang menghadirkan peserta dari sabang sampai merauke hadir dan bersidang di Bengkulu.

“Sekali lagi kami ucapkan selamat kepada seluruh wisudawan dan status saudara sekarang sebagai keluarga alumni. Artinya ikatan kita belum putus, hubungan baik juga harus terus berlanjut dan tentunya kami pun masih bersedia jika kalian membutuhkan kami baik langsung maupun tidak langsung,“ pesan Sakroni mengakhiri pidatonya. (Ae-4/rls)

Tags :
Kategori :

Terkait