Innalillahi Rojiun, Mantan Pejuang Demokrasi Bengkulu Tutup Usia

Selasa 07-05-2019,19:27 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

Zainan Sagiman, Sosok Ramah Dekat Dengan Semua Kalangan

RBO, BENGKULU – Innalillahi Wainnalillahi rojiun. Pada awal Bulan Suci Ramadan 1440 H tahun ini, salah seorang tokoh mantan pejuang demokrasi Bengkulu, almarhum Zainan Sagiman SH yang tercatat pernah menduduki jabatan sebagai Ketua KPU Kabupaten Bengkulu Selatan pada periode tahun 2008-2013, kemudian tahun 2013-2018 dia salah seorang komisioner KPU Provinsi Bengkulu yang sukses menyelenggarakan Pileg dan Pilpres tahun 2014 serta sukses melaksanakan Pilkada serentak pertama kali tahun 2015 di Provinsi Bengkulu telah tutup usia saat usianya 47 tahun. “Kita mendapat kabar duka, beliau sempat dilarikan ke rumah sakit karena menderita diabet, sebelum akhirnya menghembuskan nafas terakhir, dan hari ini (Selasa-red) beliau telah dimakamkan,” ungkap anggota Divisi Hukum KPU Provinsi Bengkulu, Eko Sugianto SP, M.Si saat dihubungi usai melayat kerumah duka, kemarin (7/5).

Almarhum Zainan Sagiman, lanjut Eko yang pernah sama-sama menjadi komisioner KPU Provinsi periode tahun 2013-2018 dikenal sebagai sosok yang ramah, mudah bergaul dan selalu dapat mencarikan solusi saat diskusi. “Beliau adalah sosok yang kami kenal sangat baik, ramah dan mudah bergaul dengan siapapun. Saat kami masih sama-sama di KPU provinsi, seluruh staf sekretariat cukup akrab dengan almarhum. Dengan meninggalnya beliau, kita doakan, semoga seluruh amal ibadah beliau selama ini dapat diterima oleh Allah SWT dan almarhum dilapangkan kuburnya,” terang Eko.

Adapun dari salah seorang komisioner Bawaslu Provinsi Bengkulu, Halid Saefullah SH, MH dia pun mengatakan cukup kenal baik dengan almarhum. Dimana selain sebagai seorang mantan pejuang demokrasi, Zainan Sagiman yang akrab disapa Dang oleh rekan-rekannya tersebut juga merupakan sosok yang aktif di Perkumpulan Kantor Bantuan Hukum Bengkulu. “Beliau salah seorang senior kami dan tempat untuk kita diskusi. Tentu kami merasa sangat kehilangan atas kepergian almarhum. Semoga keluarga yang ditinggalkan dapat tabah atas kepergian beliau,” tambahnya.

Selain itu, dari Rafly Agung Okyarlis salah seorang wartawan media elektronik di Bengkulu dia menambahkan, sosok Dang Zainan Sagiman, cukup dekat dengan kawan-kawan media. “Semasa almarhum menjadi anggota KPU Provinsi Bengkulu, hampir setiap minggu saya bersama rekan-rekan wartawan mewawancarai beliau. Sama dengan anggota komisioner KPU Provinsi Bengkulu lainnya, Dang Zainan cukup dekat dengan para wartawan di Bengkulu,” tambah Agung. (idn)

Tags :
Kategori :

Terkait