Banyu Mas Baru Tingkatkan Kapasitas Perangkat Desa

Senin 16-12-2019,20:48 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, ARGA MAKMUR – Untuk meningkatkan pelayanan aparat pemerintahan desa menjalankan tugasnya dalam melayani masyarakat. Pemerintah Desa Banyumas Baru, Kecamatan Kerkap Kabupaten Bengkulu Utara (BU) melaksanakan kegiatan Pelatihan Pengingkatan Kapasitas Perangkat Desa, di Kantor Desa.

Pelatihan ini untuk meningkatkan tata kelola administrasi desa dengan pemberdayaan, peningkatan kapasitas perangkat desa dalam pelaksanaan pendataan Prodeskel.

Pelatihan ini diikuti oleh Kades, Sekdes, 3 Kaur, 3 Kasi dan Kadun dilingkungan Pemdes. Kesemunya merupakan Perangkat Desa di desa yang dipimpin Kades Purwanto tersebut.

Tidak tanggung-tanggung, bertindak sebagai pemateri atau nara sumber pada Pelatihan Peningkatan Kapasitas bagi Perangkat Desa Banyumas Baru ini ada 1 orang dari Kecamatan, Bambang Wahono SP, lalu Narasumber dari Kecamatan Camat Novi Indra diwakili oleh Sekcam Winardi.

Kades Banyumas Baru, Purwanto mengatakan adanya pelatihan dan penguatan kapasitas bagi perangkat desa tersebut, diharapkan para perangkat desa akan lebih mengetahui, memahami dan menyadari serta akan lebih bertanggung jawab terhadap tugas-tugas pokok sesuai dengan fungsi masing-masing perangkat desa. “Bila diketahui dan dipahami siapa mengerjakan apa, maka semua tugas – tugas dilingkungan Pemdes akan dapat berjalan secara baik dan terintegrasi satu sama lainnya,” kata Purwanto.

Dilanjutkan Kades, jajaran Pemdes Banyumas Baru merupakan satu kesatuan namun tentu mempunyai tugas pokok dan fungsi masing sesuai regulasi yang ada. “Bagi setiap perangkat desa dalam struktur perangkat desa dapat berkerja dengan maksimal,” ujarnya.

Sebab bila pemdesnya kuat, kompak dan ikhlas dalam melayani warga tanpa tebang pilih, maka kemajuan desa akan tercapai. “Pemerintahan desa yang kuat transparan dan akuntabel adalah komitmen saya sejak menetapkan niat mengabdi sebagai Kades di Desa Banyumas Baru untuk lebih maju dan maju lagi, bisa berjalan maksimal,” singkat dia (bri).

Tags :
Kategori :

Terkait