Ini Dia Prioritas Pembangunan Desa Air Padang

Senin 23-03-2020,20:11 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, ARGA MAKMUR - Desa Air Padang, Kecamatan Lais, Bengkulu Utara ( BU ) di bawah kepemimpinan Kades Muksin terus menggeliat menata wajah desa mereka. Dengan pembangunan insfratruktur desa serta sarana dan prasarana dari realisasi APBDes yang ada maupun dari sumber APBD BU, Provinsi, bahkan APBN.

Kades Air Padang Muksin saat ditemui di ruang kerjanya, mengatakan realisasi APBDes tahun 2019 lalu telah dirampungkan dengan tepat waktu, tepat manfaat, tepat aturan dengan pola padat karya tunai, (PKT ).

Begitu pula kegiatan peningkatan kapasitas lewat pendidikan, pelatihan, penyuluhan serta pemberdayaan masyarakat desa dan jalannya roda pemerintahan dengan mengutamakan pelayanan prima dan tata kelolah administrasi pemdes secara transparan dan akuntabel.

Muksin mengatakan saat ini rencana realisasi rencana pembangunan tahun ini, berangkat dari dokumen RKP yang ada, Pemdes masih memprioritaskan pembangunan sarana dan prasarana dan insfatruktur yang masih sangat dibutuhkan masyarakat setempat.

Adapun yang menjadi prioritas untuk di bangun tahun 2020 ini, yaitu Sumur Bor 3 titik + Pipanisasi ke rumah warga, Rehab Gedung Belajar yang terletak di Dusun II, Rehab Sarana Olahraga yang terletak di Dusun III juga menjadi prioritas Pemdes realisasi APBDes tahun ini dan Sedangkan pembangunan tahun 2019 lalu, yaitu; Pembangunan Sumur bor 3 titik di Kadun II yang langsung dialirkan ke rumah masyarakat, Pembangunan TPT (Tembok Pelapis Tebing) untuk akses jalan ke pantai, 1 Unit jembatan dan Perahapan atau Pergantian Tower WiFi.

Pemberdayaan tahun lalu yaitu : PKK, Siskeudes, BPD, Perangkat desa dan masih banyak yg lainnya. Sedangkan untuk pemberdayaan tak terpisahkan dari pembangunan yakni pemberdayaan lembaga masyarakat, kewirausahaan serta pemberdayaan lainnya. “Harapan pemerintah desa untuk masyarakat Desa Air Padang agar warga dapat menikmati dan menggunakan sarana dan prasana dengan sebaik - baiknya dan juga Pemdes Air Padang meminta kerja samanya kepada masyarakat untuk menjaga dan merawat insfratruktur yang sudah di sediakan oleh pemerintah,” singkat Muksin. (bri)

Tags :
Kategori :

Terkait