Manjunto Jaya Tambah Penerima BLT

Rabu 13-05-2020,20:41 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, MUKOMUKO - Kepala Desa (Kades) Manjunto Jaya, Kecamatan Air Manjuto, Kabupaten Mukomuko, Dwi Sartika Sari mengatakan, pihaknya memasukan keluarga terdampak Covid-19, di luar nama-nama dari data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) sebagai calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) setempat.

Pemerintah Desa Manjunto Jaya telah memfinalkan nama-nama yang bakal menerima BLT dana desa. Total yang keluarga yang akan menerima BLT desa ini sebanyak 68 keluarga.

"Kalau data dari Dinas Sosial, totalnya kemarin cuma 45 keluarga, berdasarkan DTKS. Tapi kita tambah 23 keluarga di luar nama-nama DTKS. Karena kita anggap mereka juga layak menerima bantuan ini. Kesepakatan dinas dalam musyawarah desa, sebanyak 68 keluarga akan menerima BLT desa," ujar Kades.

Katanya, untuk membiayai program BLT desa ini, pihaknya telah menyediakan dana sebesar Rp 122.400.000. Dana tersebut dari pergeseran APBDes Tahun 2020. Tidak hanya untuk BLT, Manjunto Jaya juga mengalokasikan dana sebesar Rp 11 juta untuk logistik dan operasional relawan Covid-19.

"Kita tinggal menunggu registrasi pergeseran APBDes. Setelah itu dana sudah dapat direalisasikan," terangnya.

Untuk mekanisme penyalurannya sendiri, jelas Kades, akan disalurkan melalui rekening pemerintah. Bagi calon penerima, akan dibantu membuat rekening. "Nanti, yang menerima, kumpulkan photocopy KTP atau KK, kita yang buatkan buku rekeningnya ke bank. Keluarga penerima tidak perlu repot-repot ke bank untuk membuat rekening," katanya.

Pemerintah desa setempat menargetkan, penyaluran pertama BLT desa ini diupayakan sebelum lebaran.

"Untuk pencairan Rp 600 ribu pertama kita targetkan sebelum lebaran. Makanya kita sedang mengebut proses-prosesnya. Dalam waktu dekat ini akan membuatkan rekening bank penerima dulu, sembari menunggu registrasi APBDes pergeseran. Kalau sudah ditransfer ke rekening penerima masing-masing, akan kita sosialisasikan. Supaya segera bisa dimanfaatkan penerima untuk memenuhi kebutuhan mereka," demikian Kades. (sam)

Tags :
Kategori :

Terkait