1.495 Ekor Ternak di Mukomuko Siap Dikurbankan

Senin 27-07-2020,19:12 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>>  MUKOMUKO >>>  Berdasarkan data dari Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Mukomuko, ada sebanyak 1.495 ekor ternak milik masyarakat di daerah ini siap menjadi hewan kurban untuk kebutuhan Idul Adha mendatang. Ribuan ternak siap kurban itu tersebar di 15 kecamatan di daerah ini.

Dari perhitungan Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Distan Mukomuko, jumlah ternak lokal yang siap kurban ini cukup untuk kebutuhan dalam daerah. Bahkan tidak sedikit ternak asal Mukomuko juga dijual ke luar daerah.

"Dari laporan petugas kesehatan hewan yang turun ke lapangan, terdata 1.495 ekor ternak berupa sapi, kerbau dan kambing siap jadi hewan kurban. Untuk kebutuhan dalam daerah saya rasa cukup. Ada juga yang jual keluar daerah, ini keuntungan bagi peternak kita," ujar Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Distan Mukomuko, Warsiman, S.Pt kepada radarbengkuluonline.com tadi siang (27/7).

Dirincikannya, dari jumlah hewan kurban 1.495 ekor itu, terdiri dari 1.321 ekor sapi, 34 ekor kerbau dan 140 ekor kambing. Sementara data hewan kurban yang berhasil didata pihak Distan baru mencapai 600 ekor. Lanjutnya, dari jumlah ketersediaan hewan kurban tersebut diperkirakan pemotongan hewan kurban tahun ini tidak mencapai setengah, sekitar 600 ekor dari jumlah ketersedian hewan tersebut.

"Kalau data sementara, sepertinya ada penurunan hewan kurban yang bakal dipotong tahun ini. Tahun 2019 lalu, pemotongan hewan kurban sebanyak 1010 ekor. Tahun ini baru terdata sekitar 609 ekor. Namun lebih realnya setelah selesai hari raya Idul Adha atau pemotongan hewan kurban nantinya," bebernya.

Lebih lanjut Warsiman mengatakan, sebelum pemotongan nanti, pihaknya akan melakukan pemeriksaan hewan kurban terlebih dulu. Sebanyak 18 petugas kesehatan hewan akan diterjukan guna melakukan pengecekan hewan kurban di 125 titik tempat pemotongan.

"Untuk pelaksanaan kegiatan kurban di daerah ini kita sudah melakukan koordinasi ke pihak DPMD Mukomuko, Camat, serta Kades," demikian Warsiman. (sam/ editor : yar)

Tags :
Kategori :

Terkait