Jalan Tembus Lebong-Merangin Bisa Diwujudkan

Kamis 14-01-2021,21:04 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, BENGKULU - Untuk meningkatkan konektivitas antar daerah Provinsi Bengkulu dan Jambi. Bisa lebih singkat dengan cara dibuka jalan tembus dari Kabupaten Lebong menuju Kabupaten Merangin. Dengan melewati jalur hutan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), bisa dilakukan.

Anggota Komisi III DPRD Provinsi Bengkulu H. Yurman Hamedi S.Ip, hal itu bisa terwujud jika sama-sama bergerak. "Kami ingin memastikan sudah sejauh mana proses yang dilakukan oleh pemerintah Provinsi Jambi serta Pemkab Merangin untuk pengajuan membuka jalan tembus baru yang membelah TNKS itu. Sebab, kita juga bersama DLHK Provinsi serta Gubernur sudah melakukan proses pengajuan itu sejak tahun kemarin. Proses ini tidak akan terealisasi jika hanya kita dari Bengkulu saja yang mengusulkannya. Baik Bengkulu maupun Jambi harus sama-sama bergerak agar pembuatan jalan tembus baru ini bisa direalisasikan," ungkap Yurman Hamedi kepada radarbengkuluonline.com, kemarin (14/1).

Sebenarnya, kata Yurman, pengajuan dibukanya jalan tembus Lebong-Merangin ini sudah sejak lama. Sebab, dengan dibukanya jalan tembus ini nanti dapat meningkatkan perekonomian daerah serta memangkas jarak tempuh yang selama ini jika lewat Rejang Lebong dan Lubuk Linggau dari Bengkulu ke Jambi memakan waktu hingga 8 jam tersebut. "Nanti ada sekitar 80 KM jalan yang dibuka membelah TNKS dan dari Bengkulu lewat Lebong jika jalur itu sudah dibuka jarak tempuh kita ke Jambi lebih singkat. Hanya sekitar 4 jam sudah sampai. Dengan demikian jalan itu bisa dijadikan akses pintu masuk dari Jambi ke Bengkulu. Sehingga tentu akan ikut berdampak terhadap peningkatan perekonomian daerah kita," terang Yurman.

Kemudian terkait membelah hutan TNKS, nanti yang dibebaskan itu hanya sebatas untuk jalan saja. "Bisa dilakukan. Kan yang dibuka nanti hanya sebatas lahan untuk jalan saja," pungkas Ketua DPW Perindo Provinsi Bengkulu itu.

Sementara itu dari Ketua Komisi III DPRD Provinsi Bengkulu, Drs H. Sumardi MM juga mengatakan optimis jalan tembus Bengkulu-Jambi akan terwujud meskipun membelah TNKS. "Saya berkeyakinan pada era kepemimpinan Gubernur Rohidin, jalan tembus Bengkulu-Jambi yang melalui TNKS ini bisa terwujud. Nanti bisa kita usulkan untuk dilaksanakan TMMD bersama TNI guna membuka jalan tersebut," tambah Sumardi. (idn)

Tags :
Kategori :

Terkait