Ada Sosok Lain Dibalik Kesuksesan Mukomuko Juara Foto

Rabu 14-04-2021,19:28 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

Soal Cerita Wastra Dekranasda

RBO <<<  MUKOMUKO  <<<  Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Mukomuko berhasil menyabet juara 1 dan juara favorit dalam lomba foto daring "Cerita Wastra Dekranasda". Even kompetisi ini diselenggarakan oleh Dekranasda Bengkulu. Salah satu foto kiriman atau unggahan dari Dekranasda Mukomuko, ditetapkan oleh juri sebagai juara 1 dan satu foto lagi menjadi juara favorit.

Foto-foto ciamik dan menarik yang menyabet juara 1 dan juara favorit merupakan hasil potretan sosok fotografer berbakat asal Desa Lubuk Sanai III, Kecamatan XIV Koto. Dia adalah Mero Andika. Dia Mahasiswa Jurusan Desain Komunikasi Visual, Universitas Putra Indonesia (UPI) YPTK Padang. Mahasiswa semester 6 itu tengah magang di Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Mukomuko.

Saat diwawancarai, Pemuda 21 tahun yang biasa disapa Mero itu mengatakan, waktu sesi pemotretan, ia diajak oleh Tim Diskominfo untuk pengambilan foto kebutuhan lomba "Cerita Wastra Dekranasda." Ia dipercaya sebagai fotografer. "Awalnya itu, saya diajak oleh Tim dari Kominfo. Terus kami ke lokasi. Pertama Danau Nibung. Saya gabung dengan tim lain, ada dari Kebudayaan (Disdikbud) ada model-model yang sudah siap dipotret," ungkapnya kepada RADAR BENGKULU saat ditemui, Rabu (14/4) di Kantor Diskominfo.

Di Danau Nibung, ia melihat satu spot foto mirip sarang burung berbentuk lonjong telur yang terbuat dari kayu dan jerami. Kemudian Mero meminta salah satu model bernama Uci Rahayu berpose di tempat itu. Ia memotret dengan kamera pribadinya Mirolless Fujifilm XT20. "Beberapa pose saya ambil di spot itu. Selain objek utamanya diperankan model yang mengenakan kebaya dan kain batik Mukomuko, saya juga ingin mempromosikan objek wisata kebanggaan Mukomuko. Karena di atas sarang burung itu ada tulisan "Danau Nibung." Dengan ada Danau Nibung dan pohon-pohon hijau sekitar danau, membuat foto ini lebih harmonis dan kuat," paparnya.

Katanya, yang menentukan foto tersebut yang diikutsertakan dalam lomba bukan dia, melainkan tim. Termasuk salah satunya istri Bupati Mukomuko, Hj. T. Nurliyana Habsjah, M.Pd. "Intinya saya cuma motret aja. Foto mana yang dipilih untuk dilombakan tim yang menentukan. Ada beberapa foto yang dilombakan," ujarnya.

Maro juga mengatakan, foto yang menjadi juara favorit dalam lomba tersebut juga merupakan hasil potretannya. Istri Bupati atau akrab disapa Liya Sapuan sendiri sebagai modelnya. "Foto yang juara favorit itu, modelnya kan Ibu Bupati sendiri. Lokasi pengambilan di pantai. Saya juga yang foto. Tapi yang koreografernya, termasuk yang mengatur properti-properti itu orang Kebudayaan. Pak Widarso kalau gak salah," Maro menceritakan.

Putra dari pasangan Rahmat dan Darlina ini mengaku bangga hasil jepretannya bisa menjuarai lomba tingkat Provinsi, bahkan mendapat tiket untuk ikut lomba tingkat nasional.

Kendati demikian, ia tidak mengklaim foto tersebut 100 persen karyanya. Menurutnya, foto-foto yang diikutkan dalam lomba "Cerita Wastra Dekranasda" itu termasuk yang berhasil menyabet juara merupakan karya tim. "Senang pasti, Bang. Ada lah kenang-kenangan yang bisa saya banggakan saat magang di Diskominfo. Tapi menurut saya, ini karya tim. Saya kan cuma motret," sampai Mahasiswa kelahiran 18 Mei 2000.

Maro Andika mengaku sudah menyukai dunia fotografer sejak masih duduk di bangku SMA. Ia mulai lebih serius mempelajari ilmu fotografer sejak Tahun 2019. Ia mempelajari tehnik dan ilmu fotografer secara otodidak. "Belajar sendiri, Bang. Otodidak. Karena senang motret-motret, jadi senang juga ngulik-ngulik tehnik atau ilmu fotografer. Apalagi ada nyambungnya dengan jurusan kuliah saya," demikian Maro Andika.

Sekretaris Dekranasda Kabupaten Mukomuko, Nurdiana, SE., MAP membenarkan kalau Dekranasda Mukomuko juara 1 dan juara favorit lomba foto daring "Cerita Wastra Dekranasda".

Dengan menjadi juara 1, kata Nurdiana, Dekranasda Mukomuko akan mewakili Provinsi Bengkulu mengikuti ajang yang sama untuk tingkat nasional. "Alhamdulillah, Dekranasda Mukomuko Juara 1, disusul Dekranasda Provinsi juara 2 dan Dekranasda Bengkulu Utara juara 3. Satu lagi foto yang modelnya Ibu Bupati dinobatkan menjadi favorit," singkat Nurdiana. (sam)

Tags :
Kategori :

Terkait