Waspada, Gelombang Tinggi, Angin Kencang Disertai Hujan akan Turun di Bengkulu

Senin 25-10-2021,15:41 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

radarbengkuluonline.com  - BENGKULU - Pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Bengkulu mengeluarkan peringatan dini terkait gelombang tinggi dan angin kencang di sejumlah wilayah di Provinsi Bengkulu hingga tiga hari kedepan.

Hal itu diungkapkan Kepala BMKG Provinsi Bengkulu melalui Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Bengkulu Anang Anwar dalam keterangan tertulisnya kepada radarbengkuluonline.com, Senin (25/10).

Anang mengatakan, adanya sirkulasi siklonik di Samudera Hindia Barat Bengkulu yang menyebabkan adanya pertemuan angin (konvergensi), belokan angin dan perlambatan kecepatan angin di wilayah Bengkulu. Serta, labilitas udara yang cukup kuat dan kelembapan udara yang basah dari lapisan bawah hingga atas atmosfer Bengkulu.

"Faktor-faktor tersebut dapat mendukung terjadinya proses pembentukan awan hujan diseluruh wilayah Provinsi Bengkulu," ungkap Anang.

Ia mengungkapkan, prakiraan kondisi cuaca maritim untuk ketinggian gelombang 0.50-3.00 M berpotensi terjadi di Perairan Utara Siberut, Perairan Barat Kep. Mentawai, Perairan Bengkulu, dan Perairan Timur Enggano.

"Waspadai ketinggian gelombang 1.00-3.50 M berpotensi terjadi di Samudera Hindia Barat Kep. Mentawai, dan Samudera Hindia Barat Bengkulu," ungkapnya.

Selain itu, sambungnya, masyarakat harus waspadai angin kencang dari Barat-Utara dan Timur Laut-Tenggara dengan kecepatan mencapai 20 knots di Samudera Hindia Barat Kep. Mentawai, dan Samudera Hindia Barat Bengkulu. (idn)

Tags :
Kategori :

Terkait