Dana Desa Kepahiang Turun Banyak Sekali

Jumat 28-01-2022,07:29 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

radarbengkuluonline.com, KEPAHIANG - Pagu anggaran Dana Desa (DD) Kabupaten Kepahiang tahun anggaran 2022 mengalami penurunan dibandingkan pada tahun 2021. Tak tanggung-tanggung, penurunan tersebut mencapai Rp 8 miliar lebih.

Perlu diketahui, pagu DD Kabupaten Kepahiang pada tahun 2021 sebesar Rp 86 miliar. Sedangkan pagu DD tahun 2022 ini sebesar Rp 78 miliar. Artinya, mengalami penurunan yang banyak.

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kepahiang,  Irwan Alfian, menyampaikan, penurunan anggaran tersebut berdasarkan aturan yang mengatur. "Ya, Kami meminta setiap desa melakukan peningkatan pendapatan dari berbagai sektor agar kebutuhan desa dikerjakan dan desa dapat dimajukan," harapnya saat dihubungi radarbengkuluonline.com kemarin.

Lanjutnya, jika dilihat dari pengurangan pagu anggaran DD tahun 2022 ini, otomatis besaran anggaran di tiap-tiap Desa juga akan mengalami perubahan. "Pasti akan mengalami perubahan dan besaran anggarannya tentu berbeda-beda seperti sebelumnya. Namun kita harus tetap memahami bahwa keputusan tersebut merupakan dampak yang kita alami karena adanya pandemi sekarang ini."

Terkait penetapan jumlah anggaran tiap-tiap desa, lebih lanjut disampaikannya, ini sudah menjadi ketentuan dari Kementerian Keuangan. Sehingga pemerintah daerah Kabupaten Kepahiang tidak lagi dapat mengajukan besaran anggaran yang akan diterima.

"Kita tentu harus memahami keadaan yang sekarang ini sedang terjadi. Oleh karena itu, berapa pun anggaran DD yang diterima oleh tiap-tiap desa tahun ini agar harus tetap difokuskan untuk pembiayaan pelaksanaan program dan kegiatan berskala lokal desa."(crv)

Tags :
Kategori :

Terkait