Sekecil Apapun Berita Pramuka Harus Diekspos

Senin 14-02-2022,22:36 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

Hamka Sabri Lantik Pusinfo Gerakan Pramuka 07 Bengkulu

radarbengkuluonline.com, BENGKULU – Selepas melantik pengurus Dewan Kerja Daerah (DKD) Gerakan Pramuka 07 Bengkulu, Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka 07 Bengkulu, Drs. Hamka Sabri, M.Si, juga melantik pengurus Pusat Informasi (Pusinfo) Kwarda Gerakan Pramuka 07 Bengkulu, masa bakti 2021-2026. Pelantikan ini juga berlokasi di Gedung Serbaguna Provinsi Bengkulu, tepatnya di Jalan Kampar Raya No.71, Kelurahan Padang Harapan, Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu,  Senin (14/02/2022).

Kepala Pusinfo Kwarda Gerakan Pramuka 07 Bengkulu Drg. Diana Gustinawati, M.I.Kom mengatakan, dari 18 pengurus terdapat 16 orang pengurus yang hadir dalam pelantikan. Namun, pengurus yang tidak hadir juga masih ditetapkan sudah dilantik. Pengurus tersebut, yakni dirinya sendiri sebagai Kepala Pusinfoda, Wakil Kapusinfo Adhady Kurniawan, S.T., M.Eng, Sekretaris Mukti Herawan, Aks., M.Sos, Bidang Pelayanan Informasi, Peliputan dan Dokumentasi Nurlatifa, Spd dengan 8 anggota, Bidang Data, System dan Infrastrktur Teknologi Informasi Adnan Putra Ramadhan dengan 2 anggota, dan Bidang Publikasi Media Sosial Seksi Hubungan antar Lembaga, Navasa Adella Khotimah dengan 2 anggota.

“Kalau yang hadir dalam pelantikan 16. Ada yang izin karena ada kegiatan peliputan. Di anggota Pusinfo soalnya ada yang jurnalis. Kalau izin, masih ditetapkan sudah dilantik karena bukan masuk dalam kepala bidang,” ujar Diana.

Proses pelantikan berjalan dengan lancar. Pelantikan ini diawali dengan tanya jawab antara Ka. Kwarda Gerakan Pramuka 07 Bengkulu dengan pengurus Pusinfo Kwarda Gerakan Pramuka 07 Bengkulu, dan dilanjutkan dengan pengucapan janji Tri Satya dipandu oleh Ka. Kwarda yang diikuti pengurus Pusinfo. Kemudian dilakukan pembacaan Naskah Ikrar oleh Kepala Pusinfo Kwarda Gerakan Pramuka 07 Bengkulu. Setelah itu, dilanjutkan dengan penandatanganan Naskah Ikrar dan Naskah Pelantikan oleh Kepala Pusinfo Kwarda Gerakan Pramuka 07 Bengkulu dan Ka. Kwarda Gerakan Pramuka 07 Bengkulu. Kegiatan platikan ini dihadiri oleh pihak-pihak terkait.

Diana menjelaskan bahwa Pusinfo sudah mulai terbentuk secara herarki dari Kwarnas, Kwarda, sampai dengan Kwarca. Namun, uniknya semenjak kepengurusan Ka.Kwarda yang baru di bawah pimpinan Hamka Sabri, Pusinfo sekarang baru ada di Provinsi Bengkulu.

Tujuannya untuk memberikan informasi dan juga memberikan suatu kesan positif kepada masyarakat. Dengan memberitakan kegiatan pramuka agar terekpos mulai dari tingkat desa sampai ke tingkat Kwarda. “Pusinfo baru perdana di Bengkulu, sejak kepengurusan Ka.Kwarda yang baru inilah. Kalau di Kwarnas dan Kwarda daerah lain itu sudah lama,” jelas Diana.

Selain itu juga, Ka.Kwarda Hamka Sabri menuturkan, bahwa tugas pokok Pusat Informasi Kwartir adalah melaksanakan program Kwartir Gerakan Pramuka di bidang pelayanan informasi gerakan pramuka. Baik di dalam maupun di luar lingkungan pramuka. Oleh karena itu, ia menegaskan Pusinfo Kwarda Gerakan Pramuka 07 Bengkulu dibentuk mengingat juga, di era sekarang ini  informasi dengan sistem digital sangat dibutuhkan.

“Maka dengan ini, saya berpesan kepada Pusat Informasi Gerakan Pramuka 07 Bengkulu, di era digitalisasi ikut memberikan informasi kepada suluruh lapisan masyarakat, baik itu daerah maupun nasional. Sehingga dengan adanya Pusinfo ini, semua orang akan tahu mengenai kegiatan pramuka. Sekecil apapun beritanya harus diekspos. Dengan ini, saya berharap Kwarda 07 Bengkulu semakin maju,” tegas Hamka. (Mg-4)

Tags :
Kategori :

Terkait