Musdes Germas dan Musdes LPPDes Sungai Pura Digelar Bersamaan

Rabu 23-02-2022,18:56 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

radarbengkuluonline.com, AIR BESI - Pemerintah Desa Sungai Pura, Kecamatan Air Besi, Bengkulu Utara melaksanakan 2 Musyawarah sekaligus. Yakni Musyawarah Desa Germas dan Musyawarah Desa LPPDes. Acara ini digelar Rabu (23/02/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri dan dibuka langsung oleh Camat Air Besi, Yeni Diryana, SKM, MM bersama Kasi PMD Hermeliza, SE dan turut dihadiri Kades Yusmandi di wakili Sekdes Mansur, perangkat desa, BPD dan perwakilan masyarakat.

Musyawarah ini dipimpin langsung oleh Ketua BPD yang menjelaskan secara rinci kegiatan 2 Musdes tersebut. Khusus Musdes Germas yakni menetapkan 1 dari 7 locus untuk diterapkan di Desa Sungai Pura atas keputusan bersama. 7 locus tersebut yakni melakukan aktifitas fisik, makan buah dan sayuran, tidak merokok, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, melakukan cek kesehatan berkala, melakukan kebersihan lingkungan.

Dari 7 locus tersebut disepakati satu locus yang akan diterapkan. Yakni, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol. Hal ini disepakati mengingat dan menimbang dapat memicu terjadinya hal yang tidak diinginkan. Apalagi disaat ada kegiatan. Baik itu pesta pernikahan maupun sejenisnya di wilayah desa setempat. Tidak mengonsumsi minuman beralkohol yang di setujui dalam Musdes Germas Sungai Pura mendapat apresiasi dari Camat, juga Kasi PMD.

Disampaikan Camat Yeni Diryana. S. Km. MM hal ini dapat diterapkan di desa sesuai dengan keputusan bersama juga tentunya ada niat di dalam hati masing-masing untuk benar -benar menerapkan di kehidupan sehari-hari agar tidak mengonsumsi minuman beralkohol. Selain dapat membahayakan diri sendiri, mengkonsumsi minuman beralkohol tentu dapat memicu hal yang tidak diinginkan karena tidak dapat mengontrol diri.

"Tidak mengkonsumsi minuman beralkohol tentu salah satu upaya yang sangat baik. Kita tau mengonsumsi minuman beralkohol tidak baik untuk kesehatan diri sendiri, juga dapat menimbulkan hal yang tidak diinginkan. Apalagi saat ada hajatan pesta pernikahan ataupun sejenisnya. Karena, tentu tidak dapat mengontrol diri," jelas Camat Yeni Diryana.

Selanjutnya ditambahkan Kasi PMD Hermeliza, SE, khusus Musdes LPPDes ini merupakan Musyawarah Desa Laporan Pertanggungjawaban Pemerintah Desa tahun anggaran 2021 lalu atas apa saja yang telah direalisasikan maupun yang tidak direalisasikan.

"Musdes LPPDes ini merupakan pertanggung jawaban atas semua kegiatan yang telah direalisasikan di tahun 2021 lalu, semua harus lengkap laporannya," ujar Liza.

Sementara itu Kades Yusmandi yang diwakili Sekdes Mansur mengucapkan terimakasihnya kepada jajaran Pemdes dan BPD yang telah bekerjasama dalam merealisasikan kegiatan di tahun 2021 lalu dan mengajak untuk kembali bekerjasama di tahun 2022 ini.

"Mari kita bekerjasama dan mohon doa dukungan dari masyarakat Sungai Pura untuk kemajuan Desa Sungai Pura kedepan agar lebih baik lagi," kata Sekdes Mansur. (bri)

Tags :
Kategori :

Terkait