Orang-Orang yang Bangkrut Waktu Hari Kiamat, Ini Ciri-cirinya

Jumat 01-09-2023,00:32 WIB
Reporter : Adam
Editor : Yar Azza

 ”Wahai hamba-hamba-Ku, sesungguhnya Aku telah mengharamkan kezhaliman atas diri-Ku dan Akupun jadikan kezhaliman itu diantara kalian sebagai sesuatu yang haram. Maka janganlah kalian saling menzalimi.''

 

Kelima perbuatan di atas bisa menjadikan orang yang shalih akan merugi dihari kiamat. Yaitu jatuh dalam kebangkrutan yang sebenarnya. Bahkan seseorang yang sholeh tersebut bisa terjerumus kedalam panasnya api neraka,  sebagaimana dijelaskan isi penggalan hadis diatas sebagi berikut :

Artinya : “Maka orang-orang yang terdzalimi itu akan diberi pahala dari kebaikan-kebaikan pelaku dzalim. Jika telah habis kebaikan-kebaikannya, maka dosa-dosa mereka akan ditimpakan kepadanya, kemudian dia akan dilemparkan ke dalam neraka.”

 

Hadirin jemaah yang berbahagia

 Dari hadis di atas ada 5 point penting untuk kita perhatikan sebagai bekal akhirat:

1. Menjauhkan diri dari perbuatan dosa. Terutama yag berkenaan dengan dosa dosa hak kepada sesama manusia

2. Menjauhi perbuatan zalim antar sesama

3. Hadis di atas menunjukkan bahwa Allah SWT sangatlah adil kepada hambanya, orang yang zolim akan tetap dimintai pertanggung jawaban dihadapan Allah SWT.

 

4. Harus segera meminta maaf dan bertobat jika kita terjerumus kepada perbuatan zolim, agar terhindar dari kebangkrutan yang sebenarnya di hari kiamat

5.Qisos tidak hanya berlaku di dunia saja, akan tetapi berlaku juga di akhirat kelak. Yaitu kezoliman akan Allah SWT balas perbuatannya dengan balasan yang serupa.

Semoga kita semua digolongkan orang yang bertaqwa dan dijauhkan dari perbuatan zholim yang merugikan orang lain yang bisa menjadikan kita bangkrut di hari pembalasan kelak.(*)

 

 

Kategori :