BI Bengkulu Upayakan Peningkatan IPM

BI Bengkulu Upayakan  Peningkatan IPM

RBO, BENGKULU - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) saat ini tengah berupaya meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Bengkulu. Cara yang dilakukan BI adalah dengan menyebar perpustakaan mini di Bengkulu.

"BI Corner (perpustakaan mini) ini kami sebar untuk meningkatkan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) di Bengkulu. Kami sebar BI Corner ini hampir disetiap kabupaten dalam wilayah Bengkulu. Mulai dari SMA, perguruan tinggi negeri dan swasta. Terbaru ini adalah BI Corner di kampus IV UMB dan lusa di perpustakaan daerah di Kabupaten Mukomuko," terang Kepala Perwakilan BI Bengkulu, Endang Kurnia Saputra kepada RADAR BENGKULU usai meresmikan BI Corner di Kampus IV UMB kemarin (13/11).

Edang menerangkan, berangkat dari keperihatinannya terhadap SDM Indonesia khususnya di Bengkulu yang semakin rendah. Sebagaimana diketahui saat ini Indonesia peringkat 2 terendah yang negara malas membaca buku.

"Kita minat bacanya di bawah Timur Leste dan Vietnam. Saat ini kemampuan baca kita rendah, tapi baca hoax tinggi sekali. Belum lagi soal minat baca buku di Bengkulu yang masih sangat rendah sekali. Nah, maka dari itu kami lakukan langkah strategis dan nyata untuk meningkatkan minat baca ini, agar masyarakat Bengkulu cerdas dari membaca buku dan itu nantinya berpengaruh terhadap peningkatan IPM kita. Ya, dengan banyak baca buku orang jadi pinter, tentu SDM kita membaik," katanya. Rektor UMB Dr. H.Ahmad Dasan, SH, MA melalui salah satu Dekan, Dr. Syakroni, M.Pd mengatakan bahwa BI telah memperkaya literatul keilmuan bagi UMB. Dengan adanya BI Corner, mahasiswa dapat menjadikannya sumber mencari ilmu baru, referensi. Begitu juga dengan dosen dapat menambah materi terhadap penelitian yang mereka jalankan.

"BI Corner berisikan ratusan judul buku yang update, dan tentunya hadirnya BI ini menunjang kebutuhan baca kami, UMB. Apalagi bacaan septur keuangan, ekonomi dan lain-lain," terangnya.(ae2)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: