Muara Timput, Desa Penyumbang TKI Terbanyak di Seluma

Muara Timput, Desa Penyumbang TKI Terbanyak di Seluma

RBO, SELUMA - Desa Muara Timput, Kecamatan Semidang Alas Maras, Kabupaten Seluma disebut-sebut sebagai salah satu desa terbanyak penyumbang Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Hal ini diakui Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Seluma, Ridwan Sabrin ST. "Desa Muara Timput paling banyak yang ikut TKI. Jumlahnya bisa mencapai puluhan dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Ridwan Sabrin ST, kemarin.

Ridwan juga menambahkan, sejak kurun waktu dua tahun terakhir, jumlah warga Seluma yang bekerja di luar negeri semakin meningkat. Sayangnya, dirinya belum dapat merincikan secara ril peningkatan itu. Sementara negara yang dituju didominasi diantaranya, Malaysia, Singapura, Hongkong, Arab Saudi, dan Jepang. "Jumlah terbanyak dari kaum wanita," sampainya.

Selain faktor ekonomi, meningkatknya jumlah TKI lantaran sulitnya lapangan pekerjaan di daerah ini. "Ada juga Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang berangkat ke luar negeri karena emosi dan masalah keluarga. Tidak sedikit juga calon TKW yang gagal berangkat padahal semua administrasi sudah diselesaikan oleh pihak ketiga sebagai penyalur tenaga kerja Indonesia," singkat dia. (0ne)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: