Bengkulu Harus Siap Jika Terjadi Bencana Alam

Bengkulu Harus Siap Jika Terjadi Bencana Alam

Dempo Xler : Anggarkan Sudah di Siapkan

RBO, BENGKULU – Menurut Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu, Dempo Xler S.IP, M.AP, masyarakat Bengkulu tidak perlu khawatir. Jika memang seperti disampaikan pihak BMKG akan terjadi musibah bencana alam gempa bumi, maka secara kebutuhan anggaran dana, pemerintah daerah sudah siap.

“Yang namanya pemerintah itu, dia harus sudah siap sedia. Dan mereka sudah bisa memprediksi bahwa daerah kita ini setiap hari ada gempa. Maka pemerintah itu melalui penyusunan dan perencanaan APBD telah mengantisipasi dalam hal penganggaran. Penganggaran untuk bencana dan system pencegahannya,” ungkap Dempo Xler saat ditemui di ruangan Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu, Selasa (4/2).

Adapun untuk penanganan musibah bencana alam ini, ada klasifikasinya sendiri. Misal untuk bencana yang jumlah korbannya di bawah 10 orang, itu masih regional penanganannya oleh pemerintah daerah kabupaten/kota. “Jika korban bencana ini sudah di atas 50 orang, penanganannya dari pemerintah provinsi. Dan jika korbannya mencapai ratusan orang, maka penanganannya secara nasional. Selain itu, kita ada namanya pencegahan, sebab itu kita ada pelatihan simulasi menghadapi bencana gempa, tsunami atau bencana lainnya dan itu telah kita anggarkan di BNPB,” terang politisi PAN Dapil Kota Bengkulu ini.

Anggaran bencana itu sendiri selain di BNPB, ada juga namanya dana taktis cadangan di pemerintah provinsi. “Kalau memang musibah bencana itu sampai 50 orang korbannya tentu kita gunakan dana taktis itu. Kita ini memang daerah rawan gempa. Sudah sering kita mengalami gempa, bahkan malam kemarin ada gempa. Tinggal lagi skala richternya seperti apa. Antisipasinya seperti apa? Kita berupaya menyelamatkan diri dengan cara simulasi. Sedangkan dana anggaran untuk bencana ini dianggarkan sekitar Rp 5 M,” pungkas Dempo.

Sebelumnya Kepala BMKG Bengkulu, Kukuh Ribudiyanto M.Si, mengimbau agar seluruh warga masyarakat Provinsi Bengkulu dapat waspada saat terjadi gempa. Peringatan itu juga disampaikan BMKG pusat. Selain Bengkulu juga ada beberapa daerah lainnya yang rawan gempa.

“Tadi malam saja pukul 21.21 WIB 44 KM Barat Daya Mukomuko Bengkulu terjadi gempa dengan magnitude 4.5 SR. Karena kita ini adalah wilayah yang dekat dengan sumber gempa, maka kami mengimbau agar seluruh masyarakat dapat hendaknya waspada terhadap gempa yang terjadi,” ungkap Kukuh Ribudiyanto.

Dijelaskan Kukuh, adapun cara mewaspadai gempa, ikuti saran dan instruksi dari pemerintah. “Bila terjadi gempa, ikuti arahan pemerintah atau BPBD. Dan jangan mudah terpengaruh informasi hoax,” jelasnya.(idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: