Sidak Ke Pasar Purwodadi Disperindag Kaget, Harga Bawang Putih Melambung Tinggi

Sidak Ke Pasar Purwodadi Disperindag Kaget, Harga Bawang Putih Melambung Tinggi

RBO, ARGA MAKMUR - Setelah mendapatkan laporan atas keluhan dari masyarakat, Dinas Perdagangan Bengkulu Utara melakukan sidak pengecekan harga sembako di Pasar Purwodadi Arga Makmur, Rabu Pagi (05/02) .

Dalam sidak tersebut pihak Disperindag BU dikagetkan dengan harga bawang putih ditingkat pengencer saat ini mengalami kenaikan drastis dalam seminggu terakhir, dari harga sebelumnya bekisaran Rp30 ribu - Rp35 ribu perkilo gram saat ini mencapai Rp50 ribu - Rp55 ribu perkilo gramnya.

Salah seorang pedagang bawang yakni Samsir menyebutkan bawang putih di pasar Purwodadi mayoritas berasal dari Cina, sehingga selain kesulitan mendapatkan pasokan. Isu Virus Corona juga berdampak dengan minat beli masyarakat. "Cuma bawang putih yang naik, inikan impor dari Cina, Jadi selain kurang pasokan, tampaknya diduga masyarakat khawatir Virus Corona," Kata Samsir.

Semetara itu Plt Kepala Dinas Perdagangan Bengkulu Utara, Suharlan berharap agar masyarakat tidak termakan dengan Isu Virus Corona tersebut dan memastikan bawang putih yang berasal dari Cina aman untuk dikonsumsi. " Kami dengar sendiri dari sejumlah pedagang tadi, saya harap masyarakat jangan termakan Isu Corona tersebut. Meski impor dari Cina tapi kita pastikan aman untuk dikosumsi," singkat Suharlan. (bri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: