Diterjang Banjir, Kolam Ikan BUMDes  Talang Baru Ginting Jebol

Diterjang Banjir, Kolam Ikan BUMDes  Talang Baru Ginting Jebol

Kerugian Mencapai Rp34 Juta lebih

RBO, ARGA MAKMUR - Jebolnya Kolam Ikan milik BUMDes Karya Usaha, Desa Talang Baru Ginting,  Kecamatan Air Besi , Rabu petang (18/03/2020), memicu kerugian puluhan juta rupiah. Diperkirakan mencapai Rp.34.500.000,-  akibat nya seluruh isi kolam berupa ikan Mas dan ikan Nila hanyaut terbawa arus.

Kolam ikan yang ludes diterjang banjir ini di akibatkan terjadinya hujan berkepanjangan selama 2 hari belakangan ini sehingga debit air terlalu deras terjadi banjir di dua sungai yang buat longsor sehingga menutupi aliran sungai. Dan karena adanya luapan sungai  Air Besi sehingga aliran anak sungai tidak bisa mengalir dan tertahan di sekitaran lokasi aliran Siring dan tanggul kolam sehingga mengakibatkan tanggul kolam BUMDes Karya Usaha Jebol dan menyapu semua ikan yang berada di kolam tersebut.

Kades Talang Baru Ginting, Beni Pratama  membenarkan berita ini. Beni mengatakan bahwa ini adalah musibah  bencana alam yang tidak diinginkan dan menyebabkan kerugian yang cukup besar mengingat sekitar 2 bulan sebelumnya. "Sebanyak 34.500 bibit ikan ditebar di  kolam ini, yaitu ikan Mas sebanyak 32.500 ekor dan ikan Nila sebanyak 2.000 ekor jadi di perkirakan kerugian mencapai puluhan juta rupiah,"ujar Beni.

Langkah kedepannya pihaknya belum tahu yang pasti BUMDes ini harus tetap berjalan dan kolam yang jebol nanti akan di perbaiki. " Yang jelas dalam waktu dekat kita akan perbaiki kolam ini dulu," katanya (bri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: