Festival Besurek Geliat Seniman Bengkulu Melalui Karya

Festival Besurek Geliat Seniman Bengkulu Melalui Karya

RBO, BENGKULU - Pemerintah Kota Bengkulu melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu secara resmi telah membuka acara festival Besurek 2021, di Taman Budaya Kota Bengkulu dari tanggal 24 Agustus sampai dengan 27 Agustus 2021.

Pembukaan festival besurek sukses digelar dan memukau ratusan pasang mata, di Gedung Taman Budaya, secara virtual dan luring. Festival Besurek Bengkulu menjadi sejarah baru Bengkulu di platfrom Indonesiana. Belum lagi dukungan penuh dari semua pihak terkait dalam hal ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota, BMA, Ketua Dewan Kesenian Kota, para seniman, komunitas seni yang telah berkolaborasi menyukseskan acara ini.

Direktur Utama Festival Besurek, Rommi Roestam, S.Sn mengucapkan terima kasih kepada para seniman yang telah menyukseskan dan menunjukan semangat, cita-cita selama ini bisa berkolaborasi bersama-sama, menghasilkan sebuah event festival besurek. "Hari ini merupakan hari yang bersejarah bagi Bengkulu, platfrom Indonesiana sudah berjalan selama tiga tahun, dan Bengkulu hadir untuk pertama, kalinya.

kepala bidang(Kabid) Kebudayaan Dikbud Kota, Martina Nengsih, M.Pd sangat mengapresiasi pembukaan festival basurek tersebut, sampai berkeliling pameran seni rupa yang luar biasa. Selain itu, hasil kerja keras tim tertuang di acara pembukaan itu, dan masih ada kejutan spesial dari rangkaian kegiatan festival basurek sampai penutupan. "Kami berharap, semua masyarakat bisa berpartisipasi menyaksikan karya luas biasa yang ditampilkan, walaupun waktu persiapannya singkat, tapi mampu membuat tim yang solid," ujar Martina.

festival Besurek ini sendiri bertujuan Membangkitkan para seniman yang ada di kota Bengkulu terkhusunya melalui beragam macan seni yang di tampilkan saat festival Besurek 2021. Adapun rangkaian kegitan festival besurek Kota Bengkulu 2021 ini sebagai berikut:

Tanggal 24 Agustus acara seremonial pembukaan secara virtual Pukul 14.00-15.00 WIB. Dilanjutkan pameran seni rupa dan pertunjukan seni budaya padang panjang Tanggal 25 agustus, pameran seni rupa dan pameran seni tulis (batik) dari pukul 09.00 WIB sampi dengan Pukul 16.00 WIB . Tanggal 26 Agustus pameran seni rupah mulai pukul 09.00 WIB samp[i dengan 16.00 WIB , Pukul 10.00 WIB juga gelar tari persembahan ini diikuti oleh para pelajar dari jenjang SMP/MTs, SMA/SMK/MA dan komunitas seni tari.dibagi menjadi dua sesi, sesi pagi dan siang, mengingat masih ditengah pandemic.

Sesi pagi khusus untuk sekolah dari jenjang SMP/MTs, SMA/SMK/MA di Kota. Untuk sesi siang, komunitas sanggar tari. Peserta yang ikut gelar tari ada 26 tim. Sekolah 12 tim, sanggar/komunitas 14 tim. Soal penilaian, dewan juri mengambil tiga kategori penyaji terbaik, penampil terbaik dan favorit. "Lima dewan juru yang menilai peserta, Ketua BMA Kota, Ismartono tim perumus tari sekapur sirih Kota, Sebut Eriyanto penata musik, Evi Fitriani penata tari dan, Agustina penata tari Tanggal 27 Agustus penutupan dan pembagian tanda terima pemenang festival tari. Untuk seni rupa sendiri diikuti 30 seniman yang ikut partisipasi dalam mensukseskan festival besurek kota Bengkulu 2021 ini.(ae3/PRW)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: