Sukses! Festival Besurek Bengkulu Hadir Lagi Tahun Depan

Sukses! Festival Besurek Bengkulu Hadir Lagi Tahun Depan

RBO >>>  BENGKULU >>>  Rangkaian kegiatan Festival Besurek sukses digelar dan menjadi buah bibir masyarakat. Walaupun pelaksanaannya ditengah penerapan PPKM level 3 di Kota Bengkulu, namun makna dan gemanya lumayan besar.

Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bengkulu, Hj. Martina Nengsih, M. Pd sangat mengapresiasi Festival Besurek yang sukses mengundang decak kagum masyarakat yang hadir langsung di Gedung Taman Budaya. Menurutnya, festival ini sebagai aset berharga, untuk harus dilaksanakan setiap tahunnya.

Martina juga menjelaskan, pelaksanaan Festival Besurek masih belum sempurna 100 persen. Apalagi, Dikbud Kota Bengkulu memfasilitasi kegiatan platform Indonesiana 2021 ini. Diceritakannya, setelah mengakomodir keinginan-keinginan para seniman Bengkulu khususnya, pihaknya terus berupaya untuk bersinergi dengan pemerintah pusat, bisa mengakomodir platform Indonesiana untuk Bengkulu bisa terpenuhi.

"Tentunya dalam hal ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu dengan segala keterbatasan, kekurangan sulit untuk mewujudkan keinginan besar tersebut. Alhamdulillah, atas kerja keras semuanya, ternyata hal yang dianggap sulit, ternyata bisa dilaksanakan dengan sukses dan meriah," ujar Martina dalam sambutannya sembari menutup Festival Besurek Bengkulu secara resmi, Sabtu (28/8).

Ditahun 2022 mendatang, lanjut Martina, pihaknya sudah menyelesaikan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA). Kabar baiknya, platform Indonesia tetap menjadi prioritas utama. Kabar baik selanjutnya, pihaknya sudah mengkonfirmasi ke pusat untuk platform Indonesiana, kegiatan itu akan digelar tiga tahun berturut-turut. Dengan catatan, hasil laporan kegiatan Festival Besurek Bengkulu menjadi evaluasi pihak pusat. Maka dari itu, tim kerja Festival Besurek Bengkulu melakukan evaluasi. Apakah ada hal yang harus dievaluasi atau tidak, dalam pelaksanaan Festival Besurek perdana ini.

Sementara itu, Direktur Utama Festival Besurek, Rommi Roestam, S.Sn mengatakan, rangkaian kegiatan Festival Besurek sukses digelar, dan mengundang decak kagum masyarakat Bengkulu. Mulai pameran seni rupa, lukis, terapan, beberapa pertunjukan workshop, seni tari, gelar tari yang diadakan sungguh luar biasa.

"Saya sangat mengapresiasi terhadap apa yang dilakukan dari tim kerja. Patut disyukuri bahwa barometer yang selama ini dijadikan kesukseskan, adalah salah satu apresiasi di media sosial Festival Besurek, bisa dilihat bersama," ujar Rommi dalam sambutannya pada acara penutupan kemarin.

Sebagai informasi, Festival Besurek Bengkulu juga menggelar lomba tari sekapur sirih Kota Bengkulu. Kegiatan ini diikuti peserta tingkat SMP, SMA/SMK, Perguruan tinggi dan Komunitas Tari. Kategori penyaji terbaik Sanggar Puspa Kencana Budaya, penampilan terbaik SMPN 1 Kota, dan favorit SMKN 6 Kota Bengkulu. (ach)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: