Ini Jadwalnya Safari Ramadan Pemkab Mukomuko

Ini Jadwalnya  Safari Ramadan Pemkab Mukomuko

radarbengkuluonline.com, MUKOMUKO - Pada bulan Ramadan 1443 H/2022 M, Pemerintah Kabupaten Mukomuko akan menggelar safari Ramadan ke 15 mesjid di 15 kecamatan se-Kabupaten Mukomuko. Tim safari akan dibagi menjadi dua. Masing-masing akan langsung dipimpin oleh Bupati dan Wakil Bupati.

"Semua kecamatan akan dikunjungi saat safari Ramadan nanti. Tim dibagi dua. Jadi setiap satu malam ada 2 mesjid dikunjungi. Kecuali hari terakhir itu cuma satu mesjid. Jadi total safari nanti 8 hari," kata Kabag Kesra Setdakab Mukomuko, Madri, SKM., MAP kepada radarbengkuluonline.com tadi siang.

Dikatakan Madri, pejabat-pejabat di lingkungan Pemkab Mukomuko dan juga pejabat instansi vertikal akan bergabung dalam tim Safari Ramadan nanti menyapa dan bersilaturahmi dengan masyarakat. Diuraikannya, jadwal Safari Ramadan 1443 H/2022 M Pemkab Mukomuko akan dimulai dari arah selatan. Yakni pada hari Selasa (5/4) bertempat di Mesjid Darussalam, Desa Mekar Jaya, Kecamatan Air Rami tim Bupati, dan di Mesjid Taqwa Desa Air Merah, Kecamatan Malin Deman tim Wabup.

Selanjutnya, pada hari Kamis (7/4) safari dilaksanakan di Masjid Nurul Hasanah Desa Tanjung Harapan, Kecamatan Ipuh tim Bupati, dan di Mesjid Al-Muhajirin Desa Gajah Mati, Kecamatan Sungai Rumbai tim Wabup. Kemudian, pada hari Jumat (8/4) tim Bupati akan Safari Ramadan di Mesjid At-Taqwa Desa Mandi Angin, Kecamatan Teramang Jaya dan tim Wabup safari di Mesjid Nurul Taqwa Desa Pondok Kandang, Kecamatan Pondok Suguh.

Safari Ramadan akan dilanjutkan hari Senin (11/4) di Mesjid Jamiatul Karim Desa Suka Maju, Kecamatan Penarik tim Bupati, dan Mesjid Nurul Iman Desa Sungai Ipuh II, Kecamatan Selagan Raya tim Wabup. Berlanjut pada Rabu (13/4 tim Bupati ke Masjid Al-Ikhlas Desa Pondok Kopi, Kecamatan Teras Terunjam dan Wabup ke Masjid Muttaqin Desa Pondok Lunang, Kecamatan Air Dikit.

Selanjutnya Safari Ramadan dilaksanakan pada hari Kamis (14/4) lokasinya pelaksanaan di Masjid At-Taqwa Desa Lubuk Pinang, Kecamatan Lubuk Pinang tim Bupati, dan Wabup ke Masjid Nurul Ihsan Desa Lubuk Cabau, Kecamatan V Koto. Hari berikutnya, Senin (18/4) Bupati ke Desa Manjuto Jaya, Kecamatan Air Manjuto di Masjid Al-Hidayah dan Wabup di Desa Lubuk Sanai II, Kecamatan XIV Koto di Masjid Baitul Hasanah.

Puncaknya, bupati dan Wabup kompak ke Masjid Al-Muttaqin Desa Ujung Padang Kecamatan Kota Mukomuko, yang dilaksanakan pada hari Selasa (19/4).

"Itu rencana jadwalnya. Keinginan Bupati dan Wabup, mereka sebisa mungkin akan hadir di mesjid-mesjid sesuai jadwal. Namun jika ada agenda lain atau sedang diluar daerah, safari tetap dan akan diwakili oleh mungkin Sekda atau pejabat lain," kata Madri.

 Salurkan Bantuan

Kabag Kesra juga mengatakan, setiap mesjid yang menjadi lokasi Safari Ramadan, akan disalurkan bantuan berupa karpet sajadah. Setiap mesjid bakal mendapat dua gulung dengan total panjang 12 meter. "Pemkab juga membatu konsumsi untuk acara safari ini di setiap mesjid," ungkapnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat yang akan melaksanakan ibadah di bulan Ramadan nanti, dan khususnya yang akan hadir di kegiatan safari, untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. "Kita patut bersyukur, untuk kegiatan ibadah di mesjid pada Ramadan tahun ini, diperbolehkan. Namun, kita diminta untuk tetap Prokes. Termasuk nanti saat Safari Ramadan. Kita tetap mengedepankan Prokes," pintanya.

Selain Safari Ramadan yang bakal dilaksanakan Pemkab Mukomuko, Bagian Kesra juga telah mendapat jadwal Safari Ramadan Pemprov Bengkulu di Kabupaten Mukomuko. Direncanakan, Safari Ramadan Pemrov akan dihadiri langsung oleh Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah.

"Safari Ramadan Pemprov, itu jadwalnya pada hari Rabu 20 April. Lokasinya di Desa Air Bikuk, Kecamatan Pondok Suguh di Mesjid Al-Muhajirin. Informasinya Gubernur langsung yang hadir, tapi kita belum tahu pada hari H nanti," pungkas Madri. (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: