Banner Perpustakaan

Camat Ujan Mas Minta Pemdes Secepatnya Mengajukan Pencairan DD Tahap II

Camat Ujan Mas Minta Pemdes Secepatnya   Mengajukan Pencairan DD Tahap II

Plh Camat Ujan Mas, Pajar Jaya-Ruvi-

 

KEPAHIANG, RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Bantuan Langsung Tunai (BLT) desa untuk pencairan tahap dua yang akan direalisasikan triwulan kedua ini masih menunggu berkas pengajuan dari Desa. 

BACA JUGA:Pilkades Jogja Baru Sukses, Iis Yadi Raih Suara Terbanyak

 Plh Camat Ujan Mas, Pajar Jaya, menyampaikan, untuk pengajuan pencairan BLT tahap II telah dibuka awal bulan Mei oleh Dinas PMD Kabupaten Kepahiang, meskipun begitu, DD tahap dua itu akan bisa ditransfer jika semua persyaratannya sudah diselesaikan oleh desa. Saat ini pemerintah desa sedang menyelesaikan semua persyaratan itu sebelum diserahkan ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kepahiang. 

BACA JUGA:Daging Hewan Kurban Aman Dikonsumsi

"Ya, kami imbau dari 16 desa di Kecamatan Ujan Mas ini agar secepat mungkin melakukan pengajuan tahap II. Karena bulan depan batas terakhir pengajuan tahap kedua. Tidak salah, baru satu desa telah melakukan pencairan. Yaitu Desa Meranti Jaya," ujarnya kepada RADARBENGKULU.DISWAY.ID kemarin.

BACA JUGA:Masih Ada Potensi Tambah Tsk, Susul Sekda Benteng

Lanjutnya, adapun persyaratan yang sedang diselesaikan itu antara lain Surat Pertanggungjawaban (SPJ) penyelenggaraan pemerintah desa, yang di dalamnya termasuk laporan realisasi 80 persen dari pencairan Dana Desa Desa tahap pertama, dan realisasi program-program desa lainnya. Keterlambatan desa mengajukan pencairan tahap II kemungkinan saat ini sedang menyusun berkas. Setelah selesai baru  diserahkan ke Dinas PMD Kepahiang.

"Pencairan tahap II sebesar 40 persen itu diperuntukan untuk Bantuan Langsung Tunai untuk masyarakat yang tidak mampu di masing-masing desa," ungkapnya.

Untuk diketahui, pencairan BLT desa yang diperuntukan untuk membantu terdampak Covid-19 ini dilakukan per tiga bulan sekali. Tahap awal sudah seratus persen dilakukan bulan Mei yang lalu, dan pencairan tahap dua akan dilakukan paling lambat pada bulan Juli. "Kita tunggu sampai akhir bulan Juli ini, mudah-mudahan segera  cair. Supaya penerima BLT dapat memanfaatkan dana tersebut untuk kebutuhan sehari-hari.’’(crv).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: