Klien Bapas Bengkulu Belajar Buka Usaha Laundry

Klien Bapas Bengkulu Belajar Buka Usaha Laundry

Balai Pemasyarakatan Kelas II Bengkulu mengadakan kegiatan Pembimbingan Kemandirian-Ronal-

 

BENGKULU, RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Balai Pemasyarakatan Kelas II Bengkulu mengadakan kegiatan Pembimbingan Kemandirian yang diaplikasikan dalam bentuk pelatihan laundry. Kegiatan ini diikuti klien Bapas Bengkulu sebanyak 20 klien. Acara ini dibuka langsung oleh PLH Kepala Kanwil Kemenkumham Bengkulu, Ganda Samosir, Rabu (13/7). 

BACA JUGA:Temui Pendemo, Pj. Sekda Mukomuko Keluarkan

Kegiatan ini selain pelatihan laundry juga terdapat kegiatan berupa penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS). PKS ini antara Bapas Bengkulu dengan UPTD BLK Provinsi Bengkulu, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bengkulu, Kantor Kementerian Agama Kota Bengkulu, Baznas Provinsi Bengkulu, Baznas Kota Bengkulu, Fakultas Hukum UMB, Jogja Laundry Bengkulu, Sentra Dharma Guna Bengkulu, dan PKBM Mutiara Bintang Bengkulu. 

BACA JUGA:Petani Seluma Tunda Panen Sawit, Toke Tutup

Penandatangan ini disaksikan langsung oleh Ganda Samosir, dan Rosilawati, Kepala Sub Bidang Bimbingan dan Pengentasan Anak Kanwil Kemenkumham Bengkulu. Kegiatan diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa. Selanjutnya pembacaan kata sambutan oleh Kepala Bapas Kelas II Bengkulu, Resman Hanafi.

BACA JUGA:Bupati Seluma Salurkan Bantuan Perikanan ke Rawa Indah

Dalam sambutannya Resman sampaikan bahwa Laundry salah satu peluang usaha untuk meningkatkan perekonomian klien Bapas. 

“Laundry salah satu peluang bisnis. Oleh karena itu, saya mengadakan pelatihan ini agar klien kami dapat mandiri mengembangkan bisnisnya nanti dan kehidupan klien kami dapat lebih baik," ujar Resman. 

Selain itu Resman juga sampaikan kepada peserta laundry agar serius dalam mengikuti pelatihan yang diselenggarakan selama 7 hari mendatang. Selanjutnya kata sambutan dari Kepala Dinas Koperasi & UMKM Kota Bengkulu, Nurlia Dewi. Dalam sambutannya Nurlia siap membantu klien Bapas Bengkulu dalam membuka usahanya. 

"Bagi peserta pelatihan laundry yang benar -benar mempunyai potensi, kami siap akan membantu membuka usahanya," ujar Nurlia Dewi. 

 

Selanjutnya kata sambutan sekaligus membuka acara Pelatihan Laundry oleh PLH Kepala Kanwil Kemenkumham Bengkulu, Ganda Samosir. Dalam sambutannya Ganda Samosir menjelaskan bahwa dalam terwujudnya Bimbingan Kemandirian yang baik menuntut adanya kolaborasi antara pemerintah, Klien Pemasyarakatan, masyarakat, pihak swasta, dan Lembaga Swadaya Masyarakat. 

 

Sehingga, nantinya menghasilkan sinergi antara Bapas dengan Pokmas Lipas yang didasari oleh kualifikasi standar-standar yang telah ditetapkan. Dengan adanya kolaborasi ini Bapas Bengkulu dapat membantu kehidupan klien lebih baik lagi. Sehingga klien bisa mandiri membangun usahanya melalui setiap pelatihan yang diberikan Bapas Bengkulu. Kegiatan selanjutnya dibuka oleh PLH Kepala Kanwil Kemenkumham Bengkulu Ganda Samosir dengan harapan kegiatan ini berjalan dengan sukses.

 “Kegiatan Bimbingan Kemandirian Pelatihan Laundry secara resmi saya buka,”  sampai Ganda. (Bro)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: