Pelepah dan Daun Menguning, Jamur Serang Kelapa Sawit

Pelepah dan Daun Menguning, Jamur Serang Kelapa Sawit

Ilustrasi penyakit jamur pada tanaman sawit di Seluma-SENO-

 

SELUMA, RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Ditengah jeritan petani dengan anjloknya harga tandan buah segar (TBS)  sawit sejak beberapa bulan ini, munculnya ancaman sejenis penyakit yang disebabkan jamur menyerang banyak tanaman kelapa sawit di wilayah Kabupaten Seluma.

BACA JUGA:Ini Nah Instansi di Mukomuko yang ASN Mereka Banyak Bercerai

Sejumlah petani mengeluh lantaran akibat serangan penyakit jamur tersebut, pelepah dan daun sawit menguning, kecoklatan, kering dan lama-kelamaan mati. Kebanyakan yang terkena serangan penyakit ini pada pohon kelapa sawit  yang sudah tinggi (tua), namun ada juga serangan terhadap kelapa sawit yang masih muda.

BACA JUGA:Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (20)

" Sudah ratusan batang tanaman sawit saya dan petani lainya daunnya menguning hingga pelepah dan ada yang mati," kata Syafri, Petani sawit warga Kelurahan Napal Kecamatan Seluma, Selasa (2/8). 

BACA JUGA:Pemda Bengkulu Selatan Lakukan Update Data Penduduk

Selain ancaman batang sawit mati, serangan penyakit itu juga mengancam pertumbuhan dan produktivitas hasil sawit. " Buah sawit juga mulai trek, " ujarnya kepada RADARBENGKULU.DISWAY.ID kemarin. 

Senada diungkapkan petani sawit lainya, Maman, warga Desa  Kota Agung Kecamatan Seluma Timur. Menurutnya, berbagai macam upaya sudah dilakukan, namun ancaman penyakit daun dan pelapah menguning masih saja merebak. 

" Kami berharap agar pemerintah melalui dinas tehnis terkait untuk turun dan mengecek permasalahan petani di lapangan," harapnya. (0ne) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: