Masyarakat Kepahiang Harus Hidup Sehat dan Gizi Seimbang

Masyarakat Kepahiang Harus   Hidup Sehat dan Gizi Seimbang

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang menggelar kampanye gerakan masyarakat sehat-Ruvi-

 

KEPAHIANG, RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Guna meningkatkan kesadaran masyarakat untuk hidup sehat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang menggelar kampanye gerakan masyarakat sehat (GERMAS). Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Kepahiang, Zurdi Nata di halaman Kantor Camat Kecamatan Kepahiang, pada Rabu (10/08) pagi. 

BACA JUGA:Rektor UMB dan Bupati RL Lepas 60 Mahasiswa KKN

Pemkab Kepahiang mengajak masyarakat menanamkan pola makan dengan gizi berimbang, ditandai dengan makan buah serentak bersama peserta yang hadir dalam acara tersebut.

BACA JUGA:Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (28)

Dalam arahannya wakil bupati menyampaikan pentingnya makanan dengan gizi seimbang untuk menciptakan masyarakat yang sehat.

“Komposisi isi piringku dari Kementerian Kesehatan RI terdiri dari kombinasi 50% buah dan sayur, serta 50% karbohidrat dan protein dengan pembagian sepertiga lauk dan dua pertiga karbohidrat. Harapannya, masyarakat lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah, serta membatasi konsumsi gula, garam, dan lemak. Sehingga, mengurangi risiko penyakit diabetes dan obesitas,” ujar Wabup.

BACA JUGA:Terkait Uang Rp 10 Juta, Oknum Dewan BU Terancam PAW

 

Ia juga menyampaikan pentingnya gizi seimbang juga untuk mencegahan stunting pada masyarakat Kabupaten Kepahiang. “Penerapan gizi berimbang ini penting disampaikan. Karena, dengan kecukupan gizi dapat menurunkan risiko stunting. Terutama di 1000 hari pertama perkembangan anak sejak dari kandungan sampai dengan umur 2 tahun. Pemberian gizi seimbang juga akan berdampak pada kesehatan dan intelektual tumbuh kembang anak. Diharapkan dengan penerapan gizi seimbang ini akan menciptakan generasi masyarakat Kabupaten Kepahiang yang sehat, cerdas dan berdaya saing,” harap Wabup.

 

Pada kegiatan tersebut juga diadakan makan buah serentak, penanda tanganan komitmen bersama pencegahan stunting serta senam kebugaran jasmani sebagai bentuk pola hidup masyarakat yang sehat.(crv).

Sumber: