PDAM Tirta Manna Bekerja untuk Kepuasan Masyarakat

PDAM Tirta Manna Bekerja untuk Kepuasan Masyarakat

Direktur PDAM Thirta Manna, Iwan Kurwantoro, SH-Fahmi-

 

 

MANNA, RADARBENGKULUONLINE.COM - Untuk menyalurkan kebutuhan air bersih, pihak PDAM Tirta Manna terus bekerja untuk kepuasan masyarakat yang menjadi pelanggan.

Yang pertama kali dilakukan adalah dengan mendeteksi pipa PDAM tersebut dan diperbaiki selama tiga bulan terakhir diberbagai daerah. Seperti di Kecamatan Pasar Manna dan yang lainnya.

Bukan itu saja, Direktur PDAM Tirta Manna, Iwan Kurwantoro, SH juga akan memberikan pelayanan yang terbaik. Yaitu, dengan menjadwalkan pengurasan Water Treatment Plant (WTP) tiga sampai empat bulan sekali dan satu tahun sekali melakukannya di tempat penampungan akhir atau reservoir.

"Untuk memberikan air yang bersih kepada masyarakat pada umumnya kita menggunakan metode pengolahan secara fisika dan kimiawi. Metode ini sering disebut dengan istilah IPA (Instalasi Pengolahan Air). Pada dasarnya, terdapat 3 unit penting dalam sistem pengolahan air bersih di berbagai daerah di Indonesia. Yaitu   Intake Building, Water Treatment Plant (WTP), dan Reservoir,"ungkap Iwan kepada RADARBENGKULUONLINE.COM di ruang kerjannya Senin(10/10).

Adapun yang dimaksud dengan intake building, lanjutnya, itu merupakan sebuah bangunan yang berfungsi sebagai tempat pertama kalinya air dari sumber air masuk. Bangunan ini dilengkapi dengan screen bar yang berfungsi untuk menyaring benda-benda asing yang ikut tergenang dalam air. Air yang berada di intake building ini selanjutnya akan masuk ke dalam bak besar yang nantinya akan di pompa ke bangunan selanjutnya.

BACA JUGA:Ratusan Honorer Bengkulu Utara Geruduk Kantor DPRD

WTP adalah air yang telah berada di bak besar dalam intake building. Kemudian di pompa ke WTP. WTP merupakan bangunan utama pengolahan air bersih. Biasanya terdapat 5 bagian yang terdapat dalam bangunan ini yang membuat air menjadi layak untuk digunakan. 

Reservoir adalah tempat sebelum didistribusikan. Air yang telah selesai diolah dimasukkan ke tempat penampungan sementara. Biasanya reservoir ini terletak di tempat dengan eleveasi lebih tinggi daripada tempat-tempat yang menjadi sasaran distribusi.

BACA JUGA:Jabatan Sekda Bengkulu Utara Kosong

"Bukan itu saja, kita terus melakukan pengecekan kualitas tekanan air. Pengecekan tingkat kekeruhan, sehingga pas pemberian tawasnya,kita juga membuat SOP kepada tim Transmisi apabila ada laporan gangguan pelanggan terkait pipa Sambungan Rumah(SR) apabila di bawah jam 12 siang harus diselesaikan hari itu juga,"pungkas Iwan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: