Pemdes Serangai Gandeng Dinas Perikanan Cari Solusi BBM Nelayan

Pemdes Serangai Gandeng  Dinas Perikanan Cari Solusi BBM Nelayan

Sosialisasi terkait menerbitkan surat rekomendasi dan mengecek spesifikasi kapal berapa liter yang digunakan-Berlian-

 

BATIK NAU, RADARBENGKULUONLINE.COM - Susahnya pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi jenis Pertalite turut dirasakan oleh nelayan yang berada di Kecamatan Batik Nau, khususnya Desa Serangai.

Menanggapi hal tersebut, pihak Pemerintah Desa Serangai, Kecamatan Batik Nau, Bengkulu Utara terus melakukan berbagai upaya agar dapat mempermudah pembelian BBM untuk para nelayan.

Salah satu upaya yang dilakukan yakni berkoordinasi dengan Dinas Perikanan. Respon positif juga dilakukan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Bengkulu Utara yang telah berkoordinasi dengan pihak SPBU untuk mendapatkan BBM subsidi dengan diberikan surat rekomendasi dari Dinas Perikanan.

Untuk memberikan surat rekomendasi kepada nelayan, pihak Dinas Perikanan Bengkulu Utara dalam hal ini dilakukan oleh Sekdis Hardiantoni, SH dan Kabid Pemberdayaan Nelayan Kecil Apriando, S. St, Pi bersama rombongan turun langsung ke lapangan guna melakukan sosialisasi terkait menerbitkan surat rekomendasi dan mengecek spesifikasi kapal berapa liter yang digunakan.

Kegiatan  tersebut turut dihadiri dan dipantau oleh Kades Aswari, Kapolsek Iptu. Hardiansyah bersama Bhabinkamtibmas dan anggota lainnya. Rabu sore (12/10/2022). 

Kepala Dinas Perikanan BU melalui Sekdis Hardiantoni, SH yang didampingi Kabid Pemberdayaan Nelayan Kecil Apriando, S. St, Pi mengatakan, untuk mendapatkan surat rekomendasi ini, nelayan  yang terdata memiliki armada yang telah kita cek kelayakan dan kapasitas berapa liter butuh BBM untuk dapat membuat surat permohonan dan surat pernyataan. 

"Hari kita kita turun langsung lakukan sosialisasi terkait pembelian BBM untuk nelayan, nah setelah kita cek kelayakan dan kapasitas berapa butuh BBM masing-masing armada. Selanjutnya nama yang telah kita data agar dapat membuat surat permohonan dan surat pernyataan untuk tidak menyalahgunakan BBM yang didapat pembeliannya melalui surat rekomendasi, " kata Sekdis. 

BACA JUGA:Harga TBS Sawit di Bengkulu Sedikit Turun

Kades Serangai, Aswari mengucapkan terima kasih atas partisipasi dari Dinas Perikanan Bengkulu Utara dalam merespon keluhan masyarakat terkait pembelian BBM jenis Pertalite yang digunakan untuk nelayan melaut. 

"Alhamdulillah hari ini respon baik diberikan oleh Dinas Perikanan yang melakukan  pengecekan 74 armada nelayan di Desa Serangai yang mana nantinya agar dapat menerima surat rekomendasi untuk mendapatkan BBM jenis Pertalite dengan mudah," kata Aswari. 

Sementara itu, Kapolres BU, AKBP. Andy Pramudya Wardana, S. Ik. MM melalui Kapolsek Iptu. Hasdiansyah menegaskan pihak aparat kepolisian agar memantau teknis pembelian BBM yang direkomendasikan oleh Dinas untuk nelayan. 

BACA JUGA:Ratusan Honorer Protes Batal Masuk Pendataan

"Teknis pembelian akan kita pantau. Jika nanti terdapat oknum oknum nakal yang nyatakan BBM yang pembeliannya melalui rekomendasi Dinas untuk nelayan disalah gunakan, maka oknum tersebut akan kita tindak tegas," jelasnya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: