Pemdes Pagar Dewa Tetapkan Pembuatan Kerambah Apung

Pemdes Pagar Dewa Tetapkan Pembuatan Kerambah  Apung

Kepala Desa Pagar Dewa Rusman Mahidi sedang menyampaikan arahan-Fahmi-

 

MANNA, RADARBENGKULUONLINE.COM - Rencana Kerja Pemerintah(RKP) Desa Pemerintah Desa Pagar Dewa akan melakukan pembuatan kerambah Apung ditetapkan. Hal itu dianggap cocok dengan lokasi tersebut. Karena, airnya tidak pernah mengalami kekeringan. Ini juga untuk merealisasikan  visi dan misi pada saat mencalonkan sebagai Kepala Desa dulu.

Kepala Desa Pagar Dewa Rusman Mahidi menyampaikan, selain pembuatan kerambah apung, pihaknya akan menyatukan dengan bidang lain. Yaitu pariwisata. Nantinya tebat yang ada disana, akan dibuat menjadi destinasi wisata yang mampu menyatukan beberapa aspek kehidupan.

"Pemikiran ataupun ide itu muncul karena kita mau kehidupan masyarakat ini berubah menjadi lebih sejahtera serta memiliki pola pikir untuk hidup maju. Selama ini hampir 80 persen masyarakat kita hanya menggantungkan hidupnya sebagai koro bata (pembuat batu bata). Dengan adanya ide ini, siapa tahu perekonomian masyarakat bisa bergerak, juga dibidang perikanan,"papar Rusman kepada RADARBENGKULUONLINE.COM di ruang kerjannya Rabu (30/11).

Apalagi untuk jenis pekerjaaan sebagai koro bata ini tidak mungkin dilakukan secara terus menerus. Ini mengingat bahan yang dibutuhkan semakin lama akan semakin habis. Karena, bahan pokoknya, yaitu tanah yang mempunyai kualitas bagus ketersediaanya semakin lama semakin habis. Bahkan masyarakat harus membeli tanah tersebut kepihak lain.

Bukan maksud Rusman bahwa koto bata ini tidak menjanjikan untuk mencukupi kebutuhan hidup. Bahkan dirinya juga mendapatkan kehidupan ini karena juga berasal dari pekerjaan koro bata. Tetapi dengan Kerambah Apung ini ada kemungkinan akan ada penghasilan yang diunggulkan dengan penghasilan ikan terbesar di seluruh desa.

"Untuk sementara pembuatan Kerambah Apung ini akan kita serahkan kepada beberapa kelompok. Langkah awal kita siapkan sebanyak 40 kelompok. Kalau nantinya satu kelompok ada 20 orang,  artinya 800 orang sudah bisa terbantu. Untuk lebih menyukseskan program kerambah apung ini, kita juga nantinya akan melakukan study banding untuk lebih memajukannya,"ungkap Rusman.


Ketua BPD Julius,S.Pd menyampaikan kata sambutannya dalam penetapan RKPDes tahun 2023-Fahmi-

Ketua BPD Pagar Dewa, Julius ,S.Pd menyampaikan, pembuatan kerambah apung ini bisa berjalan dengan baik. Semoga menjadi penghasilan baru bagi masyarakat. Karena selama ini masyarakat hanya tahunya mengolah batu bata,batu bata dan batu bata.

BACA JUGA:Warga Mukomuko Kena OTT di Benteng

"Apalagi Sumber Daya Alam(SDA) yang bahannya dari tanah,sampai saat ini masyarakat sudah membeli dan mengeluarkan modal yang cukup besar. Apalagi program yang kita lakukan sesuai juga dengan program yang dilakukan Bupati Bengkulu Selatan. Yaitu budi daya ikan patin. Mengapa tidak kita coba kalau memang ingin memajukan perekonomian,"harap Julius.

Pembuatan Kerambah Apung ini, lanjutnya, bukan hanya meminta masyarakat untuk merubah pola pikirnya. Sebagai Pemerintah Desa dan BPD pihaknya akan terus melakukan pengawasan, pembinaan.  Dengan harapan, pembuatan kerambah Apung ini menjadi potensi yang besar bagi masyarakat.

BACA JUGA:Apindo Keberatan UMP Bengkulu Ditetapkan Naik 8,1 Persen

"Mengapa demikian, kita berkaca kepada program - program ketahanan pangan selama ini,seperti pemberian bibit tanaman holtikultura yang kurang terlihat manfaatnya, apa salahnya kalau dari anggaran yang ada kita fokuskan kesatu titik terlebih dahulu. Jangan banyak program, tapi tidak ada hasil. Nantinya program ini akan menyentuh beberapa aspek. Mulai dari pariwisata, ketahanan pangan, ekonomi, serta kesejateraan sosial,"pungkas Julius.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: