PJ Bupati Serahkan Bantuan Perahu untuk 8 KUB Nelayan

PJ Bupati Serahkan Bantuan Perahu untuk 8 KUB Nelayan

Penyerahan bantuan perahu kecil dan pembagian bibit mangrove-Agus-

 

Lanal Bengkulu Bagi Bibit Mangrove

 

BENTENG, RADARBENGKULUONLINE.COM - Pemkab Benteng melalui PJ Bupati Benteng, Dr.Heriyandi Roni,M.Si menyerahkan bantuan perahu 15 PK, jaring, cool box, fish finder dan life jacket bagi kelompok nelayan di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng).

Bantuan ini merupakan kegiatan yang berasal dari anggaran DAK tahun 2022 dalam rangka kegiatan peningkatan sarana dan prasarana pemberdayaan usaha nelayan skala kecil. 

Kegiatan yang digelar di Pusat Pendaratan Ikan (PPI) Desa Pondok Kelapa, Kecamatan Pondok Kelapa ini dihadiri perwakilan dari Lanal Bengkulu, Palaksa Lanal Mayor Hadi Purwanto, Asisten II Setdakab Benteng Eka Nurmeini, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Benteng, Yuhanah.  

Sementara itu, PJ Bupati Benteng, Heriyandi Roni mengatakan, pemberian bantuan ini bertujuan mensejahterakan masyarakat nelayan yang ada di Kabupaten Benteng.

"Saya berpesan kepada kelompok nelayan yang mendapatkan bantuan ini agar menjaga dan mempergunakannya dengan baik. Sehingga hasil tangkapan ikan dapat maksimal dan kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi," jelasnya.

Sementara itu, Kepala DKPP Benteng Yuhanah menjelaskan, ada delapan Kelompok Usaha Bersama (KUB) berbadan hukum yang mendapatkan bantuan perahu. Yaitu KUB Kader, KUB Anak Rantau, KUB Alun Utara, KUB Alun Utara 2, KUB Sinar Laut, KUB Lembak Delapan Bahari, KUB Jangkar Muara Berlabuh dan KUB Perikanan Lautan Muara Matahari.

BACA JUGA:Pementasan Seniman Padang di Bengkulu Sukses

"Bantuan ini untuk meningkatkan hasil tangkap nelayan, serta untuk menjaga ketahanan pangan dikalangan masyarakat pesisir," jelasnya.

Dibagian lain, dalam kegiatan kemarin juga dibagikan bibit mangrove dari Lanal  Bengkulu. Rencananya bibit mangrove ini akan ditanam sepanjang garis pantai Kecamatan Pondok Kelapa. 

"Kegiatan ini juga dalam rangka memperingati Hari Nusantara 2022. Lanal punya stok 3.000 bibit mangrove, tapi kita salurkan sesuai dengan kebutuhan," ujar Palaksa Lanal Mayor Hadi Purwanto.

BACA JUGA:Mantan Bendahara Baznas Bengkulu Selatan Ditahan

"Dengan ditanamnya bibit mangrove di sepanjang garis pantai, diharapkan mangrove yang tumbuh menjadi pelindung kawasan pesisir dan habitat bagi keanekaragaman hayati. Seperti tempat tinggal ikan untuk berkembangbiak sehingga kelestarian ikan dapat tetap terjaga," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: