Basarnas Bengkulu Siagakan Kapal Hingga Personel Operasi Nataru

Basarnas Bengkulu Siagakan Kapal Hingga Personel Operasi Nataru

Basarnas Bengkulu Gelar Apel Pasukan-Ronal-

 

BENGKULU, RADARBENGKULUONLINE.COM -  Menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Basarnas Bengkulu Gelar Apel Pasukan dan Peralatan dalam persiapan melaksanakan Siaga SAR di lapangan Kantor Basarnas Bengkulu yang diikuti oleh seluruh rescuer dan dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Bengkulu, M. Arafah S.H., M.Si.

Kegiatan ini berlangsung selama 16 hari. Yaitu dari 19 Desember - 3 Januari 2023 mendatang.

Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Melalui Kepala Kantor  M. Arafah menyampaikan bahwa puncak arus mudik Natal diperkirakan pada tanggal 23-24 Desember 2022 dan puncak arus balik tanggal 25-26 Desember 2022.

Sedangkan puncak arus mudik Tahun Baru diperkirakan pada tanggal 30-31 Desember 2022 dan untuk puncak arus balik pada tanggal 1-2 Januari 2022. 

Mengingat adanya potensi ancaman, kondisi membahayakan manusia, Bencana Alam serta kecelakaan transportasi maka dari itu diharapkan menyiapkan petugas siaga, alut dan peralatan agar selalu siap siaga dalam menjalankan tugas Siaga Nataru.

"Apel ini merupakan dalam operasi menghadapi natal dan tahun baru, kita bersiap untuk menghadapi adanya permasalahan bencana yang ada," ujarnya Senin (19/12). 


Basarnas Bengkulu siap amankan perayaan Natal dan Tahun Baru-Ronal-

Arafah mengatakan, Basarnas Bengkulu mengerahkan 65 orang orang personel Basarnas untuk melaksanakan Siaga SAR Khusus ini.

Untuk penempatan siaga di Bengkulu ada 4 lokasi posko dan Kalur  Mobile. Yaitu Pantai Panjang, Pantai Jakat , Pelabuhan Pulau Baai, Bandara Fatmawati.

BACA JUGA:Pendirian Kabupaten Bumi Pekal Sudah Memenuhi Syarat

Sedangkan untuk Pos SAR Mukomuko ada 3 lokasi. Yaitu Pantai Pandan Wangi, Danau Nibung dan Bendungan Manjunto.

Kemudian  untuk di Unit Siaga SAR Bengkulu Selatan, ada beberapa lokasi. Yaitu Pantai Pasar Bawah Manna dan Objek Wisata di Manna. 

"Maka kita menyiapkan petugas siaga, alut dan peralatan agar selalu siap siaga dalam menjalankan tugas Siaga," tambahnya.

Untuk Alut (Alat Utama) di persiapkan KN (Kapal Negara) 213, RIB (Rigid Inflatable Boat), Mobil Rescue Carrier, Motor Trail, Truk Personel, Rescue CAR Compartement dan Palsar lainnya untuk mendukung kegiatan Siaga Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

BACA JUGA:Inilah Riwayat Selingkar Tanah Bengkulu Tempo Dulu (10)

Selanjutnya adalah kegiatan pelepasan personel Basarnas Bengkulu untuk melaksanakan Siaga SAR Khusus Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: